Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat di seluruh dunia. Untuk mencari suatu informasi, hal pertama yang dituju saat ini adalah internet. Namun, internet yang berkembang dengan pesat tentu tidak terhindar dari beragam risiko seperti peretasan atau pencurian data.

Inilah mengapa teknologi proxy server dibuat untuk memberikan keamanan ketika kita melakukan pencarian di internet. Ingin tahu mengenai proxy server secara mendalam? Simak penjelasannya di bawah ini.

Artikel ini akan menjelaskan lebih detail mengenai proxy server dan cara kerjanya, juga jenis, fungsi, serta manfaatnya.

Baca Juga: Apa Itu Ubuntu? Pengertian, Jenis, dan 10 Keunggulannya

Apa Itu Proxy Server?

Jika kalian bertanya-tanya apa itu proxy server? Apakah sama dengan kerja server pada umumnya?

Server adalah sebuah komputer atau sistem komputer yang menyediakan layanan atau sumber daya untuk perangkat lain, yang disebut klien. Dalam konteks jaringan komputer, server merupakan penyedia layanan utama dalam suatu jaringan atau sistem komputer.

Server menerima permintaan langsung dari klien dan memberikan respons atau layanan sesuai dengan permintaan tersebut. Contohnya, ketika server web menerima permintaan untuk halaman web dan mengirimkan halaman tersebut ke klien.

Berbeda dengan server, proxy server adalah sistem atau router yang menyediakan pintu gerbang antara pengguna dan internet. Gerbang ini membantu mencegah peretasan atau pencuri berhasil memasuki jaringan pribadi.

Proxy server akan menjadi pembatas antara aplikasi server dengan aplikasi klien.

Server proxy bisa dikatakan seperti komputer di internet yang memiliki alamat IP sendiri. Maka dari itu, dengan adanya proxy kamu juga bisa melakukan aktivitas internet yang lebih aman karena informasi asli kamu dapat disamarkan oleh proxy. 

Proxy server juga dapat digunakan sebagai gateway. Nantinya, semua koneksi dilakukan sesuai dengan konfigurasi gateway. Dengan demikian, serangan dari luar yang tidak diinginkan tidak mudah terjadi.

Server proxy juga biasa digunakan untuk mengamankan jaringan yang terhubung dengan jaringan publik. Proxy server akan menjadi pembatas antara aplikasi server dengan aplikasi klien di mana aplikasi klien dapat berupa web browser, klien FTP, dan lainnya. Sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

Proxy server juga berpotensi menjadi sekelompok aplikasi atau server yang mampu memblokir layanan internet biasa. Sebagai contoh, proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email.

Bagaimana Cara Kerja Proxy Server?

Proxy server menggunakan alamat IP untuk membuat komputer terhubung ke internet. Karena server proxy memiliki alamat IP sendiri, server ini bertindak sebagai perantara antara komputer dan internet.

Proxy server bisa diibaratkan sebagai tukang pos yang membantu kamu berkomunikasi dengan teman pena. Bayangkan saat kamu berkirim surat, kamu mengirimkannya melalui tukang pos dengan maksud kamu tidak ingin teman penamu mengetahui alamat rumahmu.

Dalam dunia internet, proxy server bekerja serupa dengan tukang pos itu. Ketika kamu mengakses situs web, proxy server bertindak sebagai perantara antara perangkatmu dan situs tersebut. 

Ini membantu melindungi privasi kamu dan dapat memberikan manfaat lain, seperti menyimpan salinan halaman web untuk mempercepat akses, memberi tahu data masuk dan ke mana harus pergi, serta mengetahui data keluar dengan alamat pengirim agar perangkat lain dapat diautentikasi. 

Singkatnya, kerja proxy yaitu menerima permintaan dari klien dan meneruskannya ke server web seperti Chrome, Safari, Firefox, atau Microsoft Edge, kemudian mengirimkan respons dari server web tersebut kembali ke klien.

Baca Juga: Cara Mengakses Virtual Machine Melalui Windows dengan MobaXterm

Cara Mendapatkan Proxy

Proxy terdiri dari dua versi, yaitu versi perangkat keras dan perangkat lunak. Koneksi perangkat keras berada di antara jaringan dan internet; tempat perintah data diterima, dikirim, dan akan diteruskan ke web.

Sedangkan, proxy server perangkat lunak biasanya di-hosting oleh penyedia layanan atau berada di cloud. Nantinya kamu diharuskan mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer kamu yang memfasilitasi interaksi dengan proxy.

Proxy perangkat lunak biasanya mematok harga langganan bulanan, namun beberapa di antaranya tanpa biaya. Akan tetapi, versi gratisnya cenderung hanya menawarkan lebih sedikit IP kepada pengguna dan mungkin hanya mencakup beberapa perangkat.

Bagaimana Pengaturan Servernya?

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika memutuskan menggunakan server proxy adalah mengonfigurasinya di komputer, perangkat, atau jaringan kamu. Periksa langkah-langkah yang diperlukan untuk memasangkan proxy di komputer kamu.

Akan tetapi, beberapa ada yang langsung menggunakan konfigurasi otomatis. Jika ingin melakukannya secara manual, akan ada opsi untuk memasukkan alamat IP dan port yang sesuai.

Bagaimana Proxy Melindungi Privasi dan Data Komputer?

Server proxy pasti memiliki firewall dan filter. Pengguna atau administrator jaringan dapat memilih proxy yang melindungi data dan privasi mereka dengan memeriksa data yang masuk dan keluar dari komputer atau jaringan mereka.

Proxy server menggunakan firewall untuk membokir akses tidak sah

Dalam proxy server hanya alamat IP yang dapat dilihat oleh peretas atau pelaku jahat lainnya. Tanpa alamat IP pribadi, orang-orang di internet tidak memiliki akses langsung ke data, jadwal, aplikasi, atau file pribadi kamu.

Fungsi Proxy Server yang Perlu Kamu Pahami

Proxy server memiliki beberapa fungsi utama, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Filterisasi Konten

Proxy server dapat digunakan untuk menyaring atau memblokir akses ke situs web tertentu. Ini membantu dalam pengelolaan dan pengawasan penggunaan internet di suatu jaringan, seperti di sekolah atau kantor.

2. Hemat Bandwidth

Dengan menyimpan salinan situs web dan file yang sering diakses, proxy server dapat mengurangi beban pada bandwidth. Pengguna yang mengakses konten yang sama dapat mendapatkan salinan dari proxy server tanpa perlu mengunduh ulang dari internet.

3. Anonimitas dan Privasi

Proxy server dapat menyembunyikan alamat IP pengguna asli. Ini memberikan lapisan anonimitas dan membantu melindungi privasi online pengguna. Beberapa jenis proxy, seperti proxy anonim, dapat membuat aktivitas online sulit dilacak.

4. Keamanan

Proxy server dapat berfungsi sebagai lapisan pertahanan tambahan dalam jaringan. Mereka dapat menyediakan firewall untuk melindungi dari serangan jaringan dan serangan siber serta mendeteksi malware dan aktivitas berbahaya.

5. Monitoring dan Logging

Proxy server dapat merekam aktivitas pengguna, seperti situs web yang dikunjungi atau aplikasi yang digunakan. Informasi ini dapat digunakan untuk tujuan audit, keamanan, atau manajemen jaringan.

6. Manajemen Akses Internet

Proxy server memungkinkan administrator jaringan mengontrol dan mengelola akses internet. Ini dapat melibatkan pembatasan akses ke situs-situs tertentu, mengelola bandwidth, dan memantau penggunaan internet.

7. Load Balancing

Proxy server dapat digunakan untuk mendistribusikan beban trafik secara merata di antara beberapa server. Ini membantu mencegah satu server menjadi terlalu sibuk, meningkatkan ketersediaan, dan meningkatkan kinerja keseluruhan.

8. Efisiensi kinerja dan kecepatan akses

Dengan menyimpan salinan situs web dan konten statis di dalam cache, proxy server dapat meningkatkan kecepatan akses karena pengguna mendapatkan konten dari server proxy yang lebih dekat daripada server asli.

9. Caching

Dengan menyimpan salinan data yang sering diminta, proxy server dapat memberikan respons lebih cepat kepada pengguna untuk konten yang sama. Ini mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengunduh konten dari internet.

10. Bypass Geografis

Proxy server dapat digunakan untuk mengatasi pembatasan geografis pada beberapa situs web atau layanan. Pengguna dapat menggunakan proxy yang berlokasi di negara tertentu untuk mendapatkan akses yang seolah-olah berasal dari negara tersebut.

Baca Juga: Apa itu SAP? 7 Keunggulan Menggunakan SAP on Cloud

Manfaat Proxy Server

Proxy server memiliki berbagai manfaat yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis perusahaan kamu. Manfaat-manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Akses yang terkontrol melalui internet

Dalam hal ini, proxy sangat berguna bagi pemilik bisnis yang ingin memprioritaskan efektivitas kerja karyawannya karena server proxy dapat melacak akses pengguna ke jaringannya.

Sebagai administrator, kamu bisa mengatur proxy untuk memblokir situs web yang berisi materi tidak pantas, tidak sesuai, atau berpotensi mengganggu efisiensi kerja. Untuk memantau aktivitas karyawan, kamu juga dapat melacak setiap permintaan koneksi.

Akan tetapi, kamu hanya dapat mengakses situs web tersebut jika kamu memiliki VPN atau server proxy. Dengan memberi kamu alamat IP yang sama sekali berbeda, server proxy bisa menutupi alamat IP asli kamu.

2. Keamanan dan privasi yang terjamin

Server proxy dapat bertindak seperti firewall yang bisa mencegah sebagian besar virus menyerang jaringan melalui koneksi antara server dan jaringan kamu. Tanpanya, peretas bisa memiliki akses mudah ke alamat IP kamu yang dapat mereka gunakan untuk menyusup ke komputer atau jaringan kamu.

Proxy server dalam hal ini akan menyembunyikan alamat IP real-time kamu dan detail pribadi lainnya sehingga tidak mungkin dilacak. Dengan kemampuan ini konfigurasi juga bisa digunakan untuk mengamankan arsip data hubungan dengan klien. 

Proxy juga bisa digunakan untuk membantu kamu menghindari iklan yang tidak diinginkan atau pengumpulan data khusus IP.

3. Akses ke konten dengan lokasi yang spesifik

Kamu dapat menunjuk server proxy dengan alamat negara lain. Akibatnya, kamu dapat membuat seolah-olah kamu berada di negara tersebut dan mendapatkan akses penuh ke semua konten yang boleh berinteraksi dengan komputer di negara tersebut.

Kamu dapat menunjuk server proxy dengan alamat negara lain.

Contoh paling umum adalah kamu mungkin bisa membuka situs web yang dibatasi secara regional dengan menggunakan alamat IP lokal dari lokasi yang kamu inginkan.

Cara kerja proxy dalam hal ini persis dengan VPN yang ditujukan untuk mendapatkan akses ke berbagai situs web fungsional yang dilarang di lokasi masing-masing

Selain itu, ini memungkinkan kamu memilih server yang paling dekat dengan area situs web yang terdaftar, memberi kamu akses ke situs apa pun yang kamu perlukan, termasuk situs web seperti Pirate Bay.

4. Hemat bandwidth dengan kecepatan tinggi

Proxy juga biasa digunakan untuk menyimpan cache situs web atau versi terbaru situs web yang sering dikunjungi. Proxy dapat dengan mudah menyimpan situs dari memori cache jika pengguna banyak yang mengakses situs web yang sama.

Dalam kasus seperti ini, proxy mengurangi penggunaan bandwidth dan bisa mempercepat koneksi.

Baca Juga: Apa Itu LOKI (Linux, OpenStack, Kubernetes Infrastructure) dalam Cloud Computing?

Jenis-Jenis Proxy Server

Proxy server memiliki beberapa varian yang bisa dipilih untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis proxy server dengan alur kerja dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

1.  Forward proxy

Forward proxy merupakan proxy yang berada di hadapan klien dan digunakan untuk mengirim data ke grup pengguna yang berada dalam jaringan internal. Setelah permintaan dikirim, server proxy akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui mana permintaan perlu dilanjutkan dan tidak.

Forward proxy paling cocok untuk jaringan internal yang memerlukan satu titik masuk karena memungkinkan kontrol administratif yang mudah dan melindungi alamat IP bagi mereka yang berada di jaringan.

2. Transparent proxy

Proxy ini bisa memberikan pengalaman yang serupa dengan komputer yang pengguna miliki. Proxy transparent membuat server terhubung ke jaringan internal tanpa menyadarinya.

Transparent proxy sangat cocok untuk perusahaan yang ingin menggunakan proxy tanpa membuat karyawan sadar bahwa mereka sedang menggunakannya. Ini membawa keuntungan dalam memberikan pengalaman pengguna yang lancar.

3. Anonymous proxy

Proxy anonim bisa menghindari laporan aktivitas internet pengguna dengan mengakses internet atas nama pengguna sambil menyembunyikan identitas dan informasi komputer mereka. Proxy anonim ideal untuk pengguna yang ingin tetap anonim saat mengakses internet. 

4. High anonymous proxy

Proksi anonimitas tinggi menghasilkan anonimitas yang lebih tinggi. Proxy ini melakukannya dengan menghapus data kamu sebelum mencoba terhubung ke situs yang dimaksud.

Pengguna yang ingin tetap anonim, seperti karyawan yang tidak ingin aktivitas mereka dilacak oleh perusahaan, akan menemukan server ini ideal.

5. Distorting proxy

Proxy ini akan mengubah alamat IP pengguna ke alamat yang salah. Jika kamu ingin menyembunyikan lokasi saat mengakses internet, distorting proxy merupakan pilihan terbaik.

Jenis proxy ini dapat membuat kamu terlihat seolah-olah kamu sedang menjelajah dari negara tertentu, kamu akan diuntungkan karena mereka tidak hanya menyembunyikan identitas kamu tetapi juga identitas proxy tersebut. 

6. Datacenter proxy

Datacenter proxy tidak berafiliasi dengan internet service provider (ISP), tetapi disediakan oleh perusahaan lain melalui pusat data. Server proxy ada di datacenter fisik dengan permintaan pengguna yang disalurkan melalui server tersebut.

Datacenter proxy merupakan pilihan yang baik bagi orang-orang yang membutuhkan waktu respons cepat dan solusi murah. Oleh karena itu, ini pilihan yang baik bagi orang-orang yang perlu mengumpulkan informasi intelijen tentang seseorang atau organisasi dengan sangat cepat dan tingkat anonimitas yang tinggi. 

7. Residential proxy

Residential proxy memberikan alamat IP milik perangkat fisik tertentu, lalu semua permintaan kemudian disalurkan melalui perangkat itu.

Residential proxy sangat cocok untuk pengguna yang perlu memverifikasi iklan yang masuk di situs web mereka, sehingga kamu dapat memblokir cookie, iklan mencurigakan atau tidak diinginkan dari pesaing atau pelaku kejahatan.

8. Public proxy

Public proxy dapat diakses siapa pun tanpa biaya. Ia bekerja dengan memberi pengguna akses ke alamat IP-nya, menyembunyikan identitas mereka saat mereka mengunjungi situs.

Proxy publik paling cocok untuk pengguna yang tidak mengutamakan biaya, namun tidak mengutamakan keamanan dan kecepatan.

9. Shared proxy

Shared proxy digunakan oleh lebih dari satu pengguna sekaligus. Mereka memberi kamu akses ke alamat IP yang mungkin dibagikan oleh orang lain, dan kemudian kamu dapat menjelajahi internet sambil mencari penelusuran dari lokasi pilihan kamu.

Shared proxy adalah pilihan tepat bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan dan tidak memerlukan koneksi cepat. Keuntungan utama dari proxy bersama adalah biayanya yang rendah.

Jenis-jenis proxy server tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga harus cermat untuk memilih kebutuhan proxy dengan mempertibangkan keunggulan dan kelemahan masing-masing server.

Seperti yang telah dibahas, proxy server juga bisa membantu kinerja komputasi yang sudah beralih ke cloud computing. Dengan berbagai kelebihan cloud saat ini, kamu bisa meningkatkan efisiensi kerja semaksimal mungkin.

Demi mempermudah penggunaan cloud, kamu bisa memilih penyedia layanan cloud yang andal dan terpercaya. Dalam hal ini, DCloud hadir untuk menjawab semua permasalahan kamu!

DCloud mendukung kinerja proxy server yang bisa kamu pilih

Yuk, segera kunjungi website DCloud dan temukan informasi serta promo menariknya!

About The Author

Write A Comment