Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan ("S&K") ini berlaku untuk situs DCloud (PT. Datacomm Diangraha) dengan alamat web dcloud.co.id beserta anak perusahaan dan afiliasi (bersama-sama disebut "DCloud). DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN DCloud (“Layanan”), ANDA ("PELANGGAN") TELAH MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN DIBAWAH INI.

DCloud berhak sesuai kebijakannya sendiri, untuk mengubah, memodifikasi, menambah atau menghapus S&K ini, kapan saja. Pelanggan bertanggung jawab untuk mengakses S&K ini secara berkala untuk memastikan apakah terdapat perubahan pada S&K. Jika Pelanggan tetap menggunakan layanan DCloud berarti Pelanggan menerima dan menyetujui perubahan tersebut.

  • DEFINISI
    • Layanan DCloud adalah layanan cloud computing milik PT. Datacomm Diangraha (“Layanan”).
    • Pengguna Resmi adalah Pelanggan dan/atau karyawan dari pelanggan yang memiliki kewenangan untuk mengakses Layanan DCloud.
    • Data Pelanggan adalah data yang diberikan dalam bentuk data non fisik yang tersimpan di server DCloud;
    • Customer Balance adalah nilai yang menunjukkan pengembalian biaya layanan yang telah dibayarkan dimuka oleh Pelanggan Prepaid ketika pelanggan menghapus layanan sebelum jangka waktu layanan berakhir (pengembalian biaya layanan akan dihitung secara pro rata) dan/atau biaya layanan yang diterima kembali oleh Pelanggan sebagai bentuk kompensasi dari restitusi layanan seperti tersebut pada S&K ini. Customer Balance hanya dapat digunakan untuk mengurangi biaya yang harus dibayarkan Pelanggan dalam membeli Layanan baru dan/atau Layanan Pengganti dan/atau perpanjangan masa berlaku Layanan. Customer Balance tidak dapat diuangkan dan/atau ditarik kembali oleh Pelanggan Prepaid.
  • KETENTUAN UMUM

    Dibawah ini merupakan S&K dari layanan yang akan diberikan oleh DCloud untuk Pelanggan:

    • DCloud hanya menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan dalam penerapan teknologi cloud computing yang digunakan oleh Pelanggan, sehingga DCloud tidak bertanggung jawab terhadap aplikasi, content dan perangkat lunak (software) yang digunakan oleh Pelanggan.
    • DCloud menyediakan infrastruktur antara lain sistem pemrosesan (CPU & Memori), Penyimpanan data, Jaringan dan Lisensi;
    • Jika diperlukan, DCloud dapat memberikan dukungan teknis kepada Pelanggan.
    • DCloud sesuai kebijakan Perusahaan berhak mengubah prosedur pelaksanaan layanan tanpa pemberitahuan dan tidak bertanggung jawab apapun terhadap pelanggan.
    • Mengacu pada standar layanan, untuk setiap Layanan DCloud terdapat kuota pada layanan yang diberikan seperti IP Public dan ketersediaan fitur lainnya. Jika Pelanggan ingin membeli Layanan di luar batasan yang telah ditentukan pada setiap Katalog Produk maka Pelanggan dapat mengajukan permintaan secara tertulis melalui support portal DCloud.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan setuju dan sepakat dengan seluruh ketentuan khusus layanan yang tercantum pada Katalog Produk.
    • Layanan akan dilakukan aktivasi/reaktivasi oleh DCloud setelah pembayaran terkait penggunaan Layanan oleh Pelanggan (untuk Layanan Prepaid) dan setelah disetujui oleh DCloud (untuk Layanan Postpaid)
  • BIAYA DAN PAJAK
    • Biaya mencakup biaya administrasi, bea materai yang harus dibayarkan oleh Pelanggan. Seluruh pembayaran tunduk dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai ketentuan yang berlaku di Republik Indonesia dan akan ditanggung oleh Pelanggan.
    • Segala dan setiap kewajiban perpajakan lain yang timbul sehubungan dengan S&K ini dan pelaksanaannya akan menjadi beban dan tanggung jawab masing-masing PIHAK sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  • MASA BERLANGGANAN DAN NOTIFIKASI
    • Untuk layanan Pre-Paid, mekanisme notifikasi masa berlangganan adalah sebagai berikut:
      • 15 hari sebelum akhir masa berlangganan maka akan ada email notifikasi untuk perpanjangan layanan.
      • 5 hari sebelum akhir masa berlangganan maka akan ada email notifikasi peringatan layanan dapat ditangguhkan.
      • 3 hari setelah tanggal layanan berakhir dan layanan belum diperpanjang dengan melakukan pembayaran kembali maka layanan akan ditangguhkan.
      • 6 hari setelah tanggal layanan berakhir dan layanan belum diperpanjang dengan melakukan pembayaran kembali maka akan ada email notifikasi peringatan layanan dapat di terminasi.
      • 7 hari setelah tanggal layanan berakhir dan layanan belum diperpanjang dengan melakukan pembayaran kembali maka akan ada email notifikasi layanan di terminasi, dimana semua data yang ada pada layanan akan di hapus dan tidak bisa di recover kembali.
    • Untuk layanan Pre-Paid, aturan periode layanan adalah sebagai berikut:
      • Untuk masa berlangganan :
        • DCloud, DCloud GPU, DKubes, Marketplace, DBlock, DFS, DObject, DBalance, DBackup, Layanan Dukungan (tipe Sapphire dan Ruby) diperhitungkan secara skala 1 bulan (pada bulan apa pun) maka periode nya tetap selama 30 hari. Contoh: berlangganan pada tanggal 15 Juli 2023 maka akan dihitung 30 hari hingga tanggal 13 Agustus 2023).
        • DMail yang diperhitungkan secara pro-rata dari tanggal mulai berlangganan sampai tanggal terakhir pada bulan berlangganan ditambah biaya penuh berlangganan 1 bulan berikutnya sebagai biaya bulan pertama layanan. Contoh: berlangganan DMail pada tanggal 15 Juli 2023 maka akan dihitung bulan pertama nya dari 15 Juli 2023 hingga 31 Agustus 2023.
        • Layanan registrasi domain yang mengikuti aturan dari waktu berlangganan domain yang dipilih (umumnya minimal periode 1 tahun).
        • Layanan lain yang bersifat satu kali implementasi seperti DMigrate akan dikenakan biaya satu kali di depan saja.
        • Layanan yang bersifat kustomisasi seperti Layanan Keamanan, DReplicate, Layanan Dukungan (tipe Diamond) akan didetailkan masa langganan nya dalam penawaran dokumen terpisah.
      • Untuk syarat dan ketentuan berlangganan layanan dari Akamai Linode yang dapat dibeli melalui portal DCloud akan mengikuti syarat dan ketentuan berlangganan terkini dari Akamai Linode.
      • Berlangganan layanan dihitung setelah layanan tersedia di jam berapapun pada suatu tanggal maka layanan dianggap mulai aktif pada tanggal tersebut. Contoh: Membeli dan sudah membayar layanan pada tanggal 15 Juli 2023 jam 23:59 maka layanan dianggap aktif pada tanggal 15 Juli 2023.
      • Jika terjadi upgrade pada spesifikasi layanan di tengah periode langganan yang mengakibatkan ada kenaikan biaya yang harus dibayar maka kenaikan biaya ini akan diperhitungan secara pro-rata dalam satuan hari sampai tanggal akhir berlangganan.
      • Jika pengguna menghapus layanan di tengah periode langganan maka sisa kredit pre-paid akan tetap dicatat oleh sistem. Jika pengguna berlangganan layanan baru lagi kelak maka sisa kredit pre-paid ini akan memotong biaya layanan baru yang harus dibayarkan.
      • Sisa kredit akan memiliki masa aktif (bisa dipakai) hanya sesuai dengan masa aktif terakhir dari layanan yang dihapus, jika sudah lewat dari masa aktif dimaksud maka nilai sisa kredit akan dianggap tidak ada lagi.
    • Untuk layanan Post-Paid, mekanisme notifikasi masa berlangganan akan di jabarkan sesuai kondisi berlangganan dan kebijakan DCloud.
    • Untuk layanan Post-Paid, aturan periode layanan akan di jabarkan sesuai kondisi berlangganan dan kebijakan DCloud.
  • KOMITMEN LAYANAN
    • DCloud berkomitmen untuk memberikan layanan kepada pelanggan dengan ketersediaan uptime SLA 99.9% selama jangka waktu Layanan. SLA yang telah disepakati hanya mencakup layanan infrastruktur dan tidak termasuk elemen pemeliharaan terjadwal.
    • Jadwal pemeliharaan akan diberitahukan dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender sebelum periode pemeliharaan.
    • Dalam keadaan yang membutuhkan pemeliharaan dan tindakan darurat, DCloud berhak untuk menginformasikan paling lambat 1 x 24 jam.
    • Pelanggan dengan ini setuju untuk mematuhi dan mengikuti seluruh instruksi pada informasi pemeliharaan yang diberikan pihak DCloud.
  • KEBIJAKAN DOWNTIME DAN RESTITUSI
    • Datacomm memberikan jaminan kepada Pelanggan untuk dapat menggunakan Layanan selama 24 (dua puluh empat jam) setiap harinya, dengan kondisi layanan minimal 99,9%, atau maksimal downtime sebesar 43.2 menit setiap 30 hari kalender. SLA (%) = [ Usage hours per month – downtime hours] X 100%
    • Downtime yang disebutkan dalam komitmen layanan ini dikecualikan untuk:
      • Downtime karena aktivitas pemeliharaan yang telah dijadwalkan dan diinformasikan kepada pelanggan.
      • Downtime karena kegagalan membuat dan/atau membeli Layanan baru.
      • Downtime akibat tindakan oleh pelanggan dan/atau pihak ketiga lainnya yang disebabkan oleh ketidaktahuan pelanggan dalam menggunakan layanan DCloud.
      • Gangguan layanan yang disebabkan oleh kesalahan setting konfigurasi oleh Pelanggan tidak diperhitungkan kedalam service credit.
      • Downtime akibat dari pelanggan tidak melakukan tindakan yang DCloud sarankan.
      • Downtime yang terputus-putus (intermittent) yang terjadi dalam waktu singkat.
      • Downtime pada situs atau portal Datacomm Cloudiciti yang tidak berdampak pada layanan pelanggan.
      • Force Majeure yang berada di luar kendali DCloud. Force Majeure dapat berupa (tetapi tidak terbatas pada) kebakaran, banjir, gempa bumi, perang, terorisme, kegiatan kriminal, kerusuhan, ledakan, sabotase, embargo, bencana alam, pemogokan, kebijakan pemerintah, perubahan hukum atau kebijakan investasi di Indonesia.
      • Downtime akibat dari peralatan, perangkat lunak, atau teknologi lain yang dimiliki oleh pelanggan atau pihak ketiga di luar peralatan yang termasuk dalam kendali dari DCloud
      • Gangguan lain yang tidak disebabkan oleh kesalahan DCloud.
    • Apabila availability 99.9% tidak dapat terpenuhi maka DCloud akan memberikan restitusi layanan dalam bentuk service credit yang nilainya kumulatif bertambah pertiap jam downtime layanan, sampai layanan kembali normal sesuai dengan perhitungan sebagai berikut :
      SLB = (TM-DT) * 100%
                      TM

      SLB = Service Level Breach
      TM = Total waktu selama satu bulan dalam menit
      DT = Total downtime selama satu bulan dalam menit
      Pengembalian layanan = SLA-SLB X Biaya Bulanan*
      Biaya bulanan tidak termasuk biaya license OC berbayar

      Contoh perhitungan restitusi layanan:
      Pada bulan ini terjadi satu kali Incident Server VM Jatuh (Down) selama 120 menit dalam 1 bulan. Maka perhitungan restitusi layanan sebagai berikut:
      • Jumlah durasi jatuh yang diperbolehkan: 0.1 % x 30 hari x 24 jam x = 0.72 jam/ 43.2 menit
      • Durasi gangguan layanan: 120 menit
      • Total Waktu Klaim Restitusi : |120 menit – 43.2 menit = 76.8 menit ( 1 jam 16.8 menit)
      • Total restitusi yang diberikan kepada Pihak Kedua adalah 2 hari
      • Restitusi berupa service credit menjadi (2/30) x 100% = 6.6667% dari biaya Layanan bulanan terkait.
        • Pelanggan Tipe Postpaid
          Total biaya yang ditagihkan pada periode bulan depan terhadap pemakaian bulan sebelumnya adalah : (biaya tagihan perbulan – restitusi ) Maka untuk Pelanggan tipe Postpaid misal biaya layanan bulanan dengan tagihan sebesar Rp. 3.000.000,- , maka setelah di berikan service credit akan menjadi sebesar : = Rp. 3.000.000 – (6.6667% X Rp. 3.000.000) = Rp. 2.800.000,-
        • Pelanggan Tipe Prepaid
          Maka untuk Pelanggan Tipe Prepaid misal biaya layanan bulanan sebesar Rp. 3.000.000,- , maka service credit yang didapat oleh Pelanggan adalah penambahan customer balance senilai Rp. 3.000.000 x 6.6667% = Rp. 200.000
    • Klaim atas restitusi layanan ini wajib disampaikan oleh Pelanggan kepada DCloud dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari Kalender melalui support portal DCloud dan disetujui oleh DCloud. Apabila restitusi diajukan melewati jangka waktu yang ditentukan setelah gangguan, maka restitusi tidak dapat diberikan.
    • Pembayaran restitusi layanan sebagaimana di maksud pada S&K ini dilakukan dengan :
      • Untuk Pelanggan tipe Postpaid maka DCloud akan memberikan service credit pada perhitungan tagihan pada bulan selanjutnya.
      • Untuk Pelanggan Prepaid maka DCloud akan memberikan service credit berupa customer balance yang akan diberikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah permintaan restitusi disetujui.
  • DATA PELANGGAN TERKAIT IMPLEMENTASI LAYANAN
    • Pelanggan wajib menyediakan seluruh data yang diperlukan oleh DCloud berdasarkan permintaan tertulis terkait dengan penggunaan Layanan.
    • Pelanggan bertanggung jawab penuh atas konten dan keakuratan data tersebut.
    • Data Pelanggan yang tersimpan pada Layanan hanya dimiliki oleh Pelanggan dan DCloud wajib melindungi kerahasiaan data tersebut.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan telah memberikan data dalam pendaftaran secara akurat dan tepat. Jika ada data yang kurang lengkap saat pendaftaran maka pelanggan wajib melengkapi / update data yang kurang tersebut dengan data yang benar sesegera mungkin.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan setuju dan sepakat untuk memberikan data tambahan lainnya yang diperlukan di kelak kemudian hari agar layanan DCloud tetap dapat mematuhi peraturan terkini yang berlaku di Republik Indonesia.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan setuju dan sepakat untuk bertanggung jawab sendiri jika dikelak kemudian hari terdapat data pendaftaran atau data lainnya dari pelanggan yang tidak benar dan atau tidak lengkap yang mungkin menimbulkan akibat hukum.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan setuju dan sepakat untuk menerima komunikasi dari DCloud melalui jalur komunikasi sesuai dengan data yang telah diberikan oleh pelanggan.
  • BATASAN TANGGUNG JAWAB
    • Batasan Tanggung Jawab (dalam Perjanjian, gugatan, kelalaian) berdasarkan setiap klaim atas ganti rugi atas sebab apapun dalam bentuk apapun adalah sesuai dengan nilai aktual kerugian yang dialami Pelanggan dengan maksimal sebesar 10% (sepuluh persen) dari total Nilai berlangganan selama 1 (satu) Tahun untuk Layanan Tipe Prepaid dan maksimal sebesar 10% (persen) dari tagihan bulan terakhir untuk Layanan Tipe Postpaid.
    • DCloud hanya bertanggung jawab pada Layanan sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan dan/atau sesuai dengan Model Tanggung Jawab Bersama (input link)
    • Segala hal yang berkaitan dengan pemasangan/instalasi aplikasi-aplikasi beserta akibatnya yang dilakukan Pelanggan pada Layanan DCloud bukan menjadi tanggung jawab DCloud. DCloud tidak bertanggungjawab atas kerusakan dan/atau kehilangan data yang mungkin terjadi di perangkat pengguna akhir (end user) dalam penggunaan segala macam software email client seperti Microsoft Outlook atau pun software email client lainnya. Pelanggan bertanggungjawab atas pemeliharaan software email client yang dipakai oleh setiap end user.
    • Pelanggan dengan ini memahami segala resiko atas penggunaan Layanan yang disediakan oleh DCloud, untuk itu Pelanggan bersedia membebaskan DCloud dari segala bentuk tuntutan hukum baik permintaan ganti kerugian akibat resiko tersebut beserta pertanggungjawaban sebagai penyedia jasa dalam hal terjadinya Keadaan Kahar (Force Majeure) dalam pelaksanaan penyediaan Layanan kepada Pelanggan.
    • DCloud berhak untuk melakukan hal-hal berikut, kapan saja, tanpa pemberitahuan: (1) mengubah, menangguhkan, atau menghentikan akses ke layanan; (2) menghentikan operasi layanan, atau bagian mana pun dari layanan, sebagaimana diperlukan untuk melakukan pemeliharaan rutin atau non-rutin, koreksi kesalahan, atau perubahan lainnya.
  • PERUBAHAN LAYANAN
    • Peningkatan/Upgrade Layanan
      • Peningkatan/Upgrade layanan dapat dilakukan secara mandiri oleh Pelanggan.
      • Pelanggan yang membeli Layanan Tipe Prepaid dapat menggunakan layanan upgrade dengan cara melakukan pembayaran mandiri dan setelah dilakukan pembayaran maka Pelanggan dapat langsung menggunakan layanan dimaksud.
      • Pelanggan yang membeli Layanan Tipe Postpaid dapat menggunakan layanan upgrade dan untuk tagihan layanan upgrade tersebut akan tercantum pada tagihan bulan berikutnya dengan perhitungan prorata.
    • Penurunan/Downgrade Layanan
      • Penurunan/Downgrade layanan tidak berlaku pada Layanan Tipe Prepaid.
      • Pelanggan yang membeli Layanan Tipe Postpaid dapat menggunakan layanan downgrade secara langsung dan untuk tagihan untuk layanan downgrade akan tercantum pada tagihan bulan berikutnya dengan perhitungan prorata.
  • PENANGGUHAN DAN PENGHENTIAN LAYANAN
    • DCloud berhak menangguhkan Layanan dan/atau menghentikan Layanan, jika Pelanggan:
      • Melakukan pelanggaran yang diatur pada S&K;
      • Melanggar ketentuan materiil dari S&K, yang pelanggarannya dapat diperbaiki (termasuk kegagalan membayar tagihan kepada DCloud), dan jika Pelanggan yang melanggar belum memperbaiki pelanggaran dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak pemberitahuan dari DCloud.
      • Jika Pelanggan gagal menyelesaikan pembayaran selama periode penangguhan Layanan, DCloud berhak menghentikan secara otomatis akun milik Pelanggan.
      • Dengan penghentian akun dimaksud, maka penggunaan sumber daya Cloud milik DCloud yang digunakan oleh Pelanggan akan dihentikan dan akun serta datanya akan dihapus secara permanen. Sumber daya yang telah dihapus tidak dapat dipulihkan dengan cara apa pun.
      • Bangkrut, berhenti menjalankan bisnis sebagai urusan yang berkelanjutan, tidak mampu membayar utangnya ketika jatuh tempo, atau menjadi objek institusi proses sukarela atau tidak sukarela dalam kebangkrutan atau likuidasi;
      • Jika Pelanggan, karyawannya, agen, kontraktor atau pihak ketiga yang terkait mengakses layanan secara tidak sah, menyebabkan setiap pelanggaran keamanan yang berkaitan dengan Layanan, atau jika DCloud secara wajar mencurigai adanya kegiatan penipuan atau melanggar hukum pada bagian tersebut.
    • Mekanisme Penangguhan dan Pemberhentian Layanan adalah sesuai dengan Ketentuan Pembelian dan Pembayaran.
    • Dalam hal layanan ditangguhkan maka Pelanggan tidak dapat mengakses layanan serta tidak berhak menerima restitusi.
    • Pelanggan dengan ini menyatakan mengabaikan ketentuan Pasal 1266 KUHP Indonesia (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia). Setelah berakhirnya atau pengakhiran S&K ini karena alasan apa pun, hak Pelanggan untuk menggunakan Layanan, dan hak-hak lain apa pun yang diberikan kepada Pelanggan berdasarkan S&K ini, segera berakhir. Semua biaya untuk Layanan yang diberikan kepada Pelanggan akan jatuh tempo dan harus dibayarkan pada saat menerima faktur dan invoice terakhir.
    • Jika Pelanggan memutuskan untuk berhenti berlangganan layanan DCloud sebelum jangka waktu penggunaan Layanan yang dipilih oleh Pelanggan , maka Pelanggan tidak dapat memperoleh pengembalian uang layanan yang mereka gunakan saat ini.
  • KEBIJAKAN PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN LAYANAN
    • Pelanggan bertanggungjawab atas koneksi internet yang akan digunakan untuk melakukan akses ke Layanan DCloud.
    • Pelanggan menjamin bahwa Layanan yang diberikan oleh DCloud digunakan sesuai peruntukannya dan tidak melanggar syarat dan ketentuan ini serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Pelanggan setuju untuk menggunakan layanan hanya untuk untuk kepentingan bisnis dan sesuai dengan dokumen teknis dan/atau Katalog Produk yang berlaku untuk tiap Layanan DCloud tersebut pada saat ini dan ditentukan oleh DCloud dari waktu ke waktu.
    • Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh biaya serta sumber daya teknik yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan layanan.
    • Pelanggan bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan konten milik pelanggan dalam tempat penyimpanan data, dan bertanggung jawab atas segala kerugian yang dapat timbul sebagai akibat dari penggunaan konten pelanggan secara tidak sah. Jika Pelanggan memiliki alasan untuk meyakini bahwa lokasi penyimpanan data tidak lagi aman, Pelanggan setuju untuk segera memberi tahu DCloud tentang hal yang sama.
    • Pelanggan dilarang menggunakan, mengekspor atau mengekspor kembali konten apa pun, salinan apa pun, adaptasi dari konten tersebut, atau layanan apa pun yang ditawarkan, yang melanggar hukum atau peraturan apa pun yang berlaku khususnya peraturan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
    • Pelanggan wajib memastikan bahwa semua informasi dan/atau data yang diberikan Pelanggan kepada DCloud adalah informasi dan/atau data yang akurat, lengkap, dan tidak menyesatkan.
    • Dalam menggunakan Layanan DCloud, Pelanggan wajib menyimpan backup pribadi dari software, situs, basis data, dan semua konten Pelanggan. Pelanggan dengan menyatakan setuju dan sepakat bahwa DCloud tidak bertanggung jawab atas resiko kehilangan data atau data corrupt termasuk juga dalam hal terjadi peningkatan/upgrade, penurunan/downgrade, maintenance terhadap perangkat milik DCloud dan/atau perangkat yang terkait dengan Layanan. Pelanggan disarankan untuk menggunakan layanan backup dari DCloud dan managed service untuk fasilitas dan layanan operasional backup.
    • Pelanggan hanya dapat menggunakan layanan untuk menyimpan, mengambil, meminta, melayani, dan mengeksekusi Data Pelanggan yang dimiliki, dilisensikan atau diperoleh secara sah oleh Pelanggan ("Konten Pelanggan").
    • Pelanggan diberikan izin untuk dapat menggunakan perangkat lunak tertentu (termasuk dokumentasi terkait) yang dikembangkan dan dimiliki oleh Prinsipal atau pemberi lisensi dan/atau DCloud hanya untuk penggunaan Layanan DCloud. Jika Pelanggan memilih untuk menggunakan Perangkat Lunak Prinsipal (Microsoft, RedHat, atau yang lain), maka Pelanggan menyetujui syarat dan ketentuan tambahan ini sesuai dengan model Perjanjian Penyedia Layanan (SPLA) atau model Penyedia layanan Cloud (CSP). Perangkat lunak tertentu ini dijual atau didistribusikan kepada Pelanggan dan Pelanggan tidak dapat mentransfernya, mengalihkannya kepada Pihak Lain di luar layanan tanpa izin khusus untuk melakukannya; Pelanggan dilarang menghapus, mengubah, atau menghalangi pemberitahuan hak cipta, merek dagang, atau hak kepemilikan lainnya yang terkandung dalam atau pada Perangkat Lunak Prinsipal;
      Pelanggan tidak dapat melakukan reverse engineering, mendekompilasi atau membongkar Software Prinsipal, kecuali diizinkan oleh hukum yang berlaku.
      Sesuai dengan hukum dan izin yang berlaku, setiap Prinsipal perangkat lunak, bertanggung jawab untuk menjamin segala kerusakan, baik langsung, tidak langsung, atau konsekuensial, yang timbul dari layanan.
      Prinsipal Perangkat Lunak tidak bertanggung jawab untuk memberikan dukungan apa pun sehubungan dengan layanan. Pelanggan tidak dapat menghubungi Principal Perangkat Lunak secara langsung untuk mendapatkan dukungan;
      Khusus untuk perangkat lunak Microsoft, pelanggan tidak berhak untuk menggunakan Perangkat Lunak Microsoft dalam aplikasi apa pun yang mengendalikan pesawat terbang atau moda transportasi massa manusia lainnya, fasilitas nuklir atau kimia, sistem pendukung kehidupan, peralatan medis implan, kendaraan bermotor, sistem persenjataan, atau skenario serupa lainnya (secara kolektif, " Penggunaan Berisiko Tinggi “). Microsoft dan para pemasoknya tidak memberikan jaminan apa pun baik tersurat maupun tersirat untuk Penggunaan Berisiko Tinggi. Penggunaan Berisiko Tinggi tidak termasuk pemanfaatan Perangkat Lunak Microsoft untuk keperluan administratif, untuk menyimpan data konfigurasi, teknik dan / atau alat konfigurasi, atau aplikasi non-kontrol lainnya, kegagalan yang tidak akan mengakibatkan kematian, cedera pribadi, cedera fisik yang parah atau kerusakan lingkungan. Aplikasi ini dapat berkomunikasi dengan aplikasi yang melakukan kontrol tetapi tidak boleh bertanggung jawab secara langsung atau tidak langsung terhadap fungsi kontrol.
    • Pelanggan dilarang menggunakan, atau mendorong, mempromosikan, memfasilitasi atau menginstruksikan orang lain untuk menggunakan, layanan dan/atau situs DCloud untuk segala penggunaan ilegal, berbahaya atau ofensif, atau untuk mengirimkan, menyimpan, menampilkan, mendistribusikan, atau menyediakan konten yang ilegal, berbahaya, atau menyinggung.
    • Jika DCloud menemukan Konten Pelanggan yang melanggar hukum, atau menyalahgunakan hak dari pihak ketiga mana pun atau melanggar ketentuan materi S&K, DCloud akan memberikan notifikasi kepada Pelanggan terkait dengan Konten yang Dilarang dan berhak meminta Pelanggan untuk menghapus konten dimaksud dari Layanan, menangguhkan atau menonaktifkan akses ke akun Konten yang Dilarang.
    • Jika Pelanggan tidak menghapus dan/atau menonaktifkan akses terhadap konten yang dilarang paling lambat dalam waktu 2 (dua) hari kalender setelah pemberitahuan, maka DCloud berhak menghapus atau menonaktifkan akses ke isi konten yang dilarang atau menangguhkan Layanan. Kegiatan atau isi konten yang dilarang termasuk:
      • Penggunaan layanan yang menyebabkan kerusakan pada server DCloud atau server lain di Internet. Jika pelanggan diduga menyalahgunakan sumber daya, baik yang disebabkan oleh malware, cpu hogging, atau alasan lain dan menyebabkan gangguan pada layanan pelanggan DCloud lainnya, layanan pelanggan yang berkaitan akan ditangguhkan.
      • Seluruh akun layanan DCloud dilengkapi dengan fasilitas unlimited bandwidth dalam batasan yang wajar. Jika pelanggan terindikasi menggunakan bandwidth untuk hal-hal ilegal seperti botnet, seeding / leeching torrent atau aktivitas ilegal lainnya yang dapat mengganggu kegiatan pelanggan DCloud, maka DCloud berhak untuk menurunkan kapasitas bandwidth ataupun menangguhkan layanan milik Pelanggan tersebut.
      • Penggunaan layanan dengan materi yang dianggap mengancam, dan memiliki indikasi mengandung suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), atau materi yang dilindungi kerahasiaannya dan ketetapan perdagangan lainnya.
      • Penggunaan layanan yang mendukung aktivitas ilegal dan/atau tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
      • Penggunaan layanan melalui materi bahwa hak cipta dimiliki oleh pihak lain dan penggunaannya tanpa izin.
      • Penggunaan layanan yang menyebabkan kerusakan pada nama baik DCloud.
    • Pelanggan dilarang menggunakan layanan untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, "Sistem"). Kegiatan yang dilarang meliputi:
      • Akses Tidak Sah, dalam hal ini melakukan akses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk berusaha menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.
      • Intersepsi yaitu pemantauan data atau lalu lintas system tanpa izin.
      • Falsification of Origin (pemalsuan asal usul). Berkaitan dengan header paket TCP-IP, header email, atau bagian mana pun dari pesan yang menjelaskan asal atau rutenya. Larangan ini tidak termasuk penggunaan alias atau pengirim email anonim.
    • Pelanggan dilarang melakukan melakukan penyalahgunaan jaringan. Kegiatan yang dilarang meliputi:
      • Monitoring dan/atau crawling pada system yang dapat merusak atau menggangu aktivitas monitoring dan/atau crawling system.
      • Denial of Service (DoS) berupa membebani target dengan permintaan komunikasi secara terus menerus sehingga target tidak dapat menanggapi traffic secara sah atau memberikan respons yang lambat sehingga tidak efektif.
      • Gangguan yang disengaja dalam bentuk mengganggu kinerja sistem, termasuk segala upaya yang disengaja untuk membebani suatu sistem dengan cara melakukan mail bombing, news bombing, boradcast attack, atau dengan melakukan teknik flooding.
      • Pengoperasian layanan jaringan tertentu dengan jaringan terbuka seperti proxy, bypass skema traffic jaringan, VPN di luar jaringan DCloud, open mail relay, atau membuka server nama domain rekursif.
      • Menghindari Pengecekan Sistem dengan manual atau elektronik untuk menghindari segala aktivitas pengecekan yang ditempatkan pada suatu sistem, seperti pengecekan akses dan penyimpanan.
    • Pelanggan tidak dapat mendistribusikan, menerbitkan, mengirim, atau memfasilitasi pengiriman email massal yang tidak diminta berupa pesan, promosi, iklan, atau permintaan lainnya (seperti "spam"), termasuk iklan komersial dan pengumuman informasi. Pelanggan tidak akan mengubah atau menutupi header surat atau menerima identitas pengirim tanpa izin tertulis dari pengirim. Pelanggan tidak akan mengumpulkan balasan ke pesan yang dikirim dari penyedia layanan internet lain jika pesan tersebut melanggar Kebijakan ini atau kebijakan penggunaan yang dapat diterima dari penyedia tersebut.
    • Jika Pelanggan mengetahui adanya pelanggaran terhadap S&K ini, Pelanggan wajib segera memberi tahu DCloud dan memberi arahan kepada DCloud, sebagaimana diminta, untuk menghentikan atau memperbaiki pelanggaran tersebut. Untuk setiap pelaporan terhadap pelanggaran S&K ini dilakukan dengan email kepada DCloud.
  • KETENTUAN PEMANTAUAN YANG DITERAPKAN DCloud
    • Pelanggan akan memberikan informasi atau materi lain yang terkait dengan Konten Pelanggan sebagaimana diminta secara wajar oleh DCloud untuk memverifikasi Pelanggan mematuhi seluruh ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, DCloud dapat memantau external interfaces (mis. Port) dari Konten Pelanggan. Pelanggan tidak akan memblokir atau mengganggu proses pemantauan, tetapi Pelanggan dapat menggunakan teknologi enkripsi atau firewall untuk menjaga kerahasiaan Konten Pelanggan. Pelanggan akan bekerja sama dengan DCloud untuk mengidentifikasi sumber masalah apa pun yang diyakini DCloud dapat memengaruhi Konten Pelanggan atau materi yang akan diterima oleh pengguna akhir dan dikendalikan oleh Pelanggan.
    • DCloud berhak berhak menyelidiki jika terjadi pelanggaran terhadap S&K ini atau penyalahgunaan layanan atau situs DCloud; atau menghapus, nonaktifkan akses, atau modifikasi konten atau sumber daya apa pun yang melanggar S&K ini atau perjanjian lain yang dimiliki dengan Pelanggan untuk penggunaan layanan atau situs DCloud.
    • Melaporkan aktivitas dimana menurut penilaian DCloud melanggar hukum atau peraturan apa pun kepada pejabat penegak hukum, regulator, atau pihak ketiga lain yang sesuai. Pelaporan dimaksud meliputi juga pengungkapan informasi pelanggan yang sesuai. DCloud jika diperlukan dan/atau sesuai perintah ketentuan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia bekerja sama dengan lembaga penegak hukum yang tepat, regulator, atau pihak ketiga lain yang sesuai untuk membantu penyelidikan dan penuntutan perilaku ilegal dengan menyediakan informasi jaringan dan sistem yang terkait dengan dugaan pelanggaran Kebijakan ini.
  • HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
    • Hak Kekayaan Intelektual yang berkaitan dengan Sistem DCloud dan/atau seluruh program komputer, dokumentasi dan/atau material apapun lainnya yang dikembangkan dan/atau dimiliki oleh DCloud berdasarkan dan/atau sehubungan dengan Layanan ini, akan tetap berada dalam penguasaan DCloud sepenuhnya.
    • Tidak satupun dalam syarat dan ketentuan ini ditafsirkan sebagai perpindahan atau pengalihan atau pengabaian terhadap HAKI yang dimiliki oleh Para Pihak baik sebelum, selama dan/atau sesudah pelaksanaan Layanan.
  • KERAHASIAAN
    • PARA PIHAK menyatakan selama jangka waktu layanan, kerahasiaan dan kepemilikan informasi teknis dan bisnis milik salah satu PIHAK dapat diungkapkan kepada PIHAK lainnya. Informasi tersebut dianggap sangat rahasia dan PIHAK penerima informasi tidak diperkenankan, baik secara langsung maupun tidak langsung mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga lainnya tanpa adanya persetujuan tertulis terlebih dahulu dari PIHAK pemilik informasi, kecuali ditentukan lain dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Ketentuan yang tercantum dalam Pasal ini tidak akan berlaku untuk setiap informasi rahasia yang:
      • Berada dalam domain publik atau menjadi domain publik bukan disebabkan kesalahan PIHAK penerima;
      • Sudah diketahui oleh PIHAK penerima sebelum terjadinya penerimaan informasi tersebut; atau
      • Sebagaimana diungkapkan kepada PIHAK penerima oleh pihak ketiga karena tidak adanya kewajiban atas kerahasiaan terhadap Pihak pengungkap; atau
      • Diperlukan untuk diungkapkan atas kepentingan hukum, peraturan pemerintah atau sesuai dengan perintah pengadilan.
  • PENYELESAIAN PERSELISIHAN, HUKUM DAN YURISDIKESI YANG BERLAKU
    • Pelanggan dengan ini menyatakan setuju bahwa hukum yang berlaku dan mengatur untuk S&K ini serta ketentuan lain terkait Layanan DCloud adalah adalah hukum Negara Republik Indonesia.
    • Apabila ada perselisihan yang timbul akibat dari pelaksanaan layanan ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan secara musyawarah dan mufakat.
    • Jika tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah, maka Para Pihak sepakat untuk memilih domisili hukum yang tetap dan tidak berubah dan meminta penyelesai di Kantor Panitera Pengadilan Jakarta Selatan.

Siap untuk memulai sekarang?

Buat akun secara gratis atau hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut.