VPN saat ini sudah bukan istilah yang asing untuk kita. Seperti yang diketahui, VPN terkenal dapat diandalkan untuk mengakses website atau lainnya yang diblokir di kawasan tempat kita tinggal. Namun, pengertian dan kegunaan VPN bukan hanya itu, loh!

VPN adalah singkatan dari virtual private network atau yang dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pribadi virtual. VPN juga bisa menjaga data kamu tetap aman ketika mengakses suatu website. Lalu, bagaimana caranya?

Apa Itu VPN (Virtual Private Network) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika kamu menggunakan internet, perangkat kamu akan secara terus-menerus bertukar data dengan pihak lain di web. Tanpa disadari, kamu akan memberikan situs web akses ke alamat IP asli kamu (yang memberikan lokasi kamu sebenarnya), riwayat penelusuran, info sistem operasi, pengidentifikasi perangkat, dan lain-lain.

Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko peretasan data, terlebih jika kamu tidak sengaja mengakses tautan yang sengaja disebar oleh peretas. Dalam hal ini, VPN adalah layanan yang menciptakan koneksi aman antara perangkat kamu dan internet.

Apa Itu VPN (Virtual Private Network) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja dari VPN adalah saat terhubung, VPN mengautentikasi kamu dengan server. Selanjutnya, perlindungan VPN dilakukan dengan mengubah IP asli kamu dan mengenkripsi lalu lintas internet, sehingga menyulitkan orang lain untuk melacak aktivitas online kamu atau mengidentifikasi lokasi kamu.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, VPN juga bisa membuat kamu mengakses situs yang diblokir oleh regional tempat kamu menetap. Hal ini karena VPN semacam terowongan yang memungkinkan kamu menerobos sensor dan pembatasan geografis dengan menghubungkan ke server di lokasi berbeda.

Layanan VPN akan memberi kamu alamat IP anonim baru, merutekan ulang koneksi internet kamu melalui server web di jaringannya, dan mengenkripsi data kamu.

Dapat dikatakan, VPN seperti membuat terowongan aman antara perangkat kamu (seperti ponsel cerdas atau laptop) dan internet. Mereka juga menutupi identitas kamu dan lalu lintas online dari penyedia layanan internet (ISP), otoritas pemerintah, dan peretas.

Baca Juga: Mengenal Sistem ERP dan 5 Karakteristiknya untuk Menunjang Bisnis

Jenis-Jenis VPN

VPN memiliki berbagai tipe yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan apa yang akan dilakukan pengguna. Terdapat empat jenis VPN yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas internet pengguna.

1. VPN Pribadi

VPN ini akan menghubungkan penggunanya ke internet publik melalui koneksi terenkripsi melalui server tertentu.Tujuan utamanya adalah untuk melindungi privasi online dan melewati pemblokiran geografis.

VPN Pribadi lazim digunakan untuk menunjang bisnis kecil yang perlu memasarkan produknya ke luar negeri, maka dari itu VPN ini juga disebut VPN konsumen atau komersial. Dengan tujuan komersial, VPN pribadi bisa dipasang di berbagai perangkat.

2. VPN Akses Jarak Jauh

VPN akses jarak jauh memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan pribadi atau lokal. Jenis VPN ini biasanya digunakan oleh karyawan untuk terhubung dengan aman ke jaringan kantor perusahaan mereka dan mengakses data dan sumber dayanya.

VPN akses jarak jauh bermanfaat bagi pekerja jarak jauh dan karyawan yang bekerja dari rumah. Dengan VPN akses jarak jauh, mereka dapat mengakses file pekerjaan mereka meskipun secara fisik berada di kantor. Enkripsinya juga penting untuk melindungi data sensitif perusahaan saat menggunakan hotspot Wi-Fi publik.

3. Mobile VPN

Mobile VPN merupakan solusi VPN yang dirancang khusus untuk perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. VPN ini menyediakan keamanan dan privasi saat menggunakan koneksi data seluler atau Wi-Fi. Seluruh data yang dikirim dan diterima oleh perangkat seluler dienkripsi, menjadikannya lebih sulit bagi pihak ketiga untuk menyadap informasi pribadi pengguna.

Mobile VPN memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kebijakan dan fitur keamanan yang serupa dengan VPN tradisional, seperti menyembunyikan alamat IP, mengakses konten terbatas berdasarkan lokasi geografis, dan melindungi privasi online.

4. Site to Site VPN

Site to site VPN

Jenis VPN ini menggunakan dua jaringan terpisah. Contohnya, jika suatu bisnis memiliki dua kantor di Eropa dan Asia, site-to-site VPN dapat menggabungkan kedua jaringan pribadi bisnis tersebut.

Banyak bisnis di seluruh dunia menggunakan kombinasi site-to-site VPN dan remote access VPN. Site-to-site VPN menggabungkan semua jaringan pribadi bisnis, sedangkan remote access VPN memungkinkan karyawan mengakses semua jaringan tersebut sekaligus.

Baca Juga: Apa Itu Ubuntu? Pengertian, Jenis, dan 10 Keunggulannya

Apa Fungsi VPN?

VPN berguna untuk menjaga berbagai aspek penting keamanan data. Berikut adalah beberapa fungsi kunci VPN yang membantu meningkatkan keamanan dan privasi online.

  1. Melakukan Enkripsi Data

VPN akan melibatkan enkripsi penuh dari semua data yang dikirim melalui koneksi. Ini berarti informasi pribadi kita, seperti kata sandi, detail transaksi, dan komunikasi akan  dienkripsi secara penuh.

Maka dari itu, VPN akan membuat pihak ketiga jadi jauh lebih sulit untuk menyadap atau mencuri informasi sensitif.

  1. Sembunyikan Lokasi dan Identitas

VPN menyembunyikan alamat IP asli kita dan memberikan alamat IP dari server VPN. Hal ini tidak hanya melindungi identitas online kita, tetapi juga memungkinkan kita untuk “muncul” seolah-olah kita berada di lokasi geografis tertentu. Ini bermanfaat untuk mengakses konten terbatas atau untuk keamanan tambahan saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

  1. Akses Konten Terbatas

VPN memungkinkan kita untuk mengatasi pembatasan geografis pada konten online. Dengan terhubung ke server VPN di lokasi tertentu, kita dapat mengakses situs web atau layanan yang mungkin dibatasi di wilayah kita.

  1. Keamanan di Jaringan

Menggunakan Wi-Fi umum di tempat-tempat seperti kafe atau bkamura dapat meningkatkan risiko serangan siber. VPN menciptakan saluran aman, menjaga informasi kita tetap terlindungi dari ancaman di jaringan yang tidak terlindungi.

VPN menyediakan lapisan keamanan tambahan dengan mengenkripsi data yang dikirim antara perangkat kamu dan server VPN. Ini membantu melindungi informasi pribadi kamu dari potensi penyadapan atau serangan siber saat berada di jaringan yang tidak aman, seperti Wi-Fi umum.

Saat bepergian, kita sering terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tidak dikenal. VPN melindungi kita dari potensi ancaman di jaringan-jaringan ini, menjaga data kita tetap aman dan terenkripsi.

  1. Proteksi terhadap Penyadapan ISP

ISP (Internet Service Provider) mampu membantu kita untuk melacak aktivitas online kita. VPN membantu mengatasi hal ini dengan menyembunyikan aktivitas internet kita dari ISP, memberikan lapisan tambahan privasi.

  1. Akses Aman ke Jaringan Bisnis

Banyak perusahaan menggunakan VPN untuk memastikan karyawan yang bekerja dari jarak jauh dapat terhubung ke jaringan internal secara aman. Ini memungkinkan akses ke data bisnis tanpa mengorbankan keamanan.

Keuntungan dan kekurangan VPN

Kelebihan VPN

  • Dapat membuka blokir situs web yang mencakup situs jejaring sosial, situs pengunduhan film, atau situs web streaming media apa pun.
  • VPN bisa melewati semua filter pemblokiran sehingga akses mudah dilakukan dan kerahasiaan tetap terjamin.
  • Mampu melewati batasan regional dengan cara mengakses semua konten yang dibatasi atau diblokir tanpa ketahuan pemerintah tentang aktivitas online kamu.
  • Memberikan akses ke situs web yang diblokir secara geografis.
  • Mengubah alamat IP kamu dengan menjaga semua catatan kamu tetap terenkripsi.
  • VPN dapat membantu menjaga identitas kamu tetap anonim sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang kebocoran identitas atau aktivitas pelacakan apa pun.

Kekurangan VPN

  • VPN cenderung memperlambat koneksi internet karena servernya di lokasi geografis atau negara lain, data kamu perlu melakukan perjalanan panjang melalui internet.
  • VPN akan menyimpan catatan aktivitas kamu. Provider VPN cenderung mengirimkan semua log aktivitas pengguna jika terjadi kejahatan internasional, aktivitas teroris, atau peretasan.
  • Blokade khusus layanan VPN pada situs web dan layanan streaming
  • Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan VPN yang lebih baik. VPN legal yang terpercaya mematok harga sekitar $10 hingga $15 per bulan untuk layanan premium.

Baca Juga: Apa itu SSH dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kapan Harus Menggunakan VPN?

Berikut adalah masa-masa yang paling umum di mana kamu perlu untuk menggunakan VPN:

1. Untuk Menjelajah Internet

Lembaga pemerintah maupun penyedia layanan internet akan melacak dan menhimpun riwayat penjelajahan kamu, pesan, dan data pribadi lainnya. Kamu bisa menyembunyikannya dengan menggunakan VPN untuk menjaga data kamu agar tidak dapat diakses orang lain.

2. Keperluan Streaming

Dengan VPN kamu dapat menonton acara atau film pilihan kamu dengan mencegah ISP membatasi koneksi kamu. Hal ini biasanya digunakan jika film yang ingin kamu akses diblokir di negara kamu atau kamu ingin menonton dengan kualitas jaringan internet yang lebih cepat.

3. Saat Menggunakan Wi-Fi Publik

VPN digunakan untuk mengamankan koneksi kamu di Wi-Fi publik agar kamu dapat menjelajah dengan privasi penuh. Dengan hotspot publik, peretasan sangat berpotensi terjadi karena jaringan yang diakses oleh banyak orang secara terbuka. VPN akan memproteksi lalu lintas online kamu tidak terlihat oleh para peretas.

4. Kebutuhan Berbelanja

Dengan situasi di mana e-commerce sudah merambah di berbagai kebutuhan, peretasan pada prosesnya bisa saja terjadi. Beberapa hal yang bisa terjadi adalah situs web palsu, penambahan harga yang tidak sepakati, serangan umpan dengan VPN, hingga pemalsuan arus uang di kartu kredit.

5. Saat Bermain Game

VPN dapat menangkal serangan DDoS dan melakukan pembatasan bandwidth yang dapat merugikan. Gunakan fitur tertentu dari VPN untuk melancarkan pesta gaming LAN virtual yang aman dengan teman-teman kamu.

Baca Juga: Mengenal Proxy Server: Fungsi, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Cara Menggunakan VPN

Cara Menggunakan VPN

Sebelum mempelajari cara menggunakan VPN, kamu harus mengetahui lebih dulu siapa saja penyedia layanan VPN yang tepercaya dan layak untuk dipilih.

Ingat, sebagian besar layanan VPN gratis tidak begitu direkomendasikan, karena sering menyimpan log aktivitas online kamu atau mengandung malware. Karena masalah ini, tujuan awal penggunaan VPN pun menjadi tidak terpenuhi apabila menggunakan layanan gratis.

Gunakan layanan VPN berkualitas yang bagus mempercepat koneksi kamu, tidak menyimpan log aktivitas online, dan memiliki banyak lokasi server di seluruh dunia.

Selain itu, layanan VPN umumnya mudah disiapkan dan digunakan. Memiliki software VPN client di semua komputer dan perangkat mobile akan memungkinkan kamu mengelola privasi, keamanan, dan kebebasan saat membuka website.

Secara umum, berikut cara setting VPN di perangkat kamu:

  1. Pilih provider VPN yang tepercaya, lalu beli paket langganan yang kamu inginkan.
  2. Download dan install aplikasi  provider VPN di perangkat kamu.
  3. Masukkan kredesial login.
  4. Jika perlu, buka pengaturan VPN dan aktifkan fitur tambahan. kamu bisa mengaktifkan fitur VPN sesuai dengan yang disediakan provider VPN atau berganti ke protokol VPN lain.
  5. Untuk terhubung ke server VPN tercepat di lokasi kamu, pilih tombol keunggulan percepatan jaringan yang disediakan masing-masing provider VPN atau pilih negara yang diinginkan dari daftar server.

Langkah-langkah tersebut bisa saja berbeda-beda sesuai dengan layanan VPN apa yang kamu pilih. Jika ingin menggunakan VPN premium pastikan kamu memilih provider atau penyedia layanan VPN yang andal dan terpercaya.

Dengan keunggulan VPN dengan keamanan tingkat tinggi yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak menutup kemungkinan peretasan dan kebocoran data bisa terjadi. Hal ini karena server VPN bisa merekam aktivitas internet kamu.

VPN juga bisa digunakan untuk kebutuhan pengguna yang aktif menyimpan server dan datanya di lingkungan cloud. Misalnya untuk permasalahan keamanan, akses ke server yang jauh, pengelolaan identitas dan akses, serta bypass pembatasan geografis di cloud.

Seiring dengan pemilihan provider VPN yang terpercaya, kamu juga perlu memilih penyedia layanan cloud yang andal untuk memudahkan pekerjaan kamu. Penyedia layanan cloud yang bisa kamu andalkan dengan keamanan tinggi yaitu DCloud. 

DCloud mendukung kinerja VPN adalah

DCloud menawarkan berbagai kelebihan layanan cloud dengan datacenter sendiri serta pemantauan secara berkala yang membantu kinerja kamu. Yuk, segera kunjungi website DCloud dan temukan informasi serta promo menariknya!

About The Author

Write A Comment