Di dunia bisnis yang saat ini bergantung dengan digitalisasi, efisiensi operasional dan pengelolaan sumber daya menjadi semakin penting. Dalam hal ini, sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dapat membantu semua keresahan perusahaan mengenai efektivitas operasional mereka.

Sistem ERP adalah jenis perangkat lunak atau sistem informasi yang dirancang untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam mengelola dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis dan fungsi-fungsi berbeda di dalam perusahaan.

Manajemen persediaan, keuangan, manufaktur, SDM, penjualan, hingga pemasaran merupakan bidang-bidang yang ditargetkan oleh sistem ERP untuk dikelola.

Dapat disimpulkan, ERP adalah teknologi yang penting untuk dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan bisnis makin hari kian bertambah. Berikut adalah karakteristik dari sistem ERP yang diunggulkan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Keamanan Cloud Terbaik yang Wajib Diikuti Tiap Organisasi

Cara Kerja Sistem ERP

Jika kamu menggunakan sistem ERP, pekerjaan kamu akan dipermudah karena sistem ERP menggunakan otomatisasi terhadap semua proses bisnis dalam satu database terpusat. Misalnya, saat menerima pesanan dari pelanggan, ERP akan secara otomatis mengirimkan informasi ke pusat distribusi.

Sistem ERP juga memiliki interface yang memudahkan pengguna melihat data real-time yang dihimpun dari proses bisnis di seluruh divisi.

Hal ini tentu akan mempercepat operasional karena perubahan data di pusat pesanan dengan cepat. Selain itu, ERP dapat melihat tingkat inventaris, waktu pengiriman, dan faktor lain untuk menentukan pusat distribusi yang paling available untuk menyelesaikan pesanan dengan cepat.

Dalam hal ini, dapat dikatakan juga ERP juga mempermudah proses bisnis perusahaan karena dapat memberikan akses kepada orang-orang yang dibutuhkan dengan administrator. Data dari berbagai departemen dapat dibagikan dan diakses oleh semua karyawan perusahaan melalui sistem ERP.

Penggunaan sistem ERP biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan industri dengan persyaratannya masing-masing. Hal ini dapat didiskusikan dengan penyedia layanan ERP yang dapat membantu kamu mengonfigurasikan sistem ERP.

Saat ini sistem ERP juga tersedia dalam lingkungan cloud. Ini akan lebih memudahkan kamu dalam mengelola sistem, karena kamu tidak perlu lagi terus-menerus melakukan upgrade pada perangkat on-premise.

Karakteristik Sistem ERP    

Karakteristik Sistem ERP yang perlu kamu ketahui

Banyak bisnis kelas besar dan menengah menggunakan sistem ERP untuk membantu pengelolaan bisnis dengan lebih efisien, mengurangi biaya operasional, dan dapat bersaing di era digital dan globalisasi.

Dalam hal ini, pelaku bisnis harus memerhatikan karakteristik umum dari sistem ERP termasuk basis data tunggal yang terpusat, interface pengguna yang serupa, pemantauan secara real-time, hingga kemampuan pengelolaan dan pelaporan yang kuat.

Bagi pemula yang masih awam dalam teknologi informasi atau pelaku bisnis, ada beberapa karakteristik sistem ERP yang perlu dipahami.

  • Integrasi proses bisnis

Integrasi data-data dari proses bisnis sangat diperlukan mengintegrasikan berbagai fungsi dan proses bisnis dalam satu sistem terpusat. Ini mencakup keuangan, manufaktur, persediaan, penjualan, pemasaran, dan lainnya.

Sistem ERP dapat membantu perusahaan mengelola inti-inti dari operasional dengan lebih efisien.

  • Pemantauan real-time

Jika terjadi suatu gangguan atau bencana pada data, kamu tentu harus sesegera mungkin bertindak untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, ERP mendukung tindakan dengan memberikan visibilitas real-time atas operasi bisnis.

Dengan pemantauan real-time, kamu akan selalu melihat data terkini yang memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat waktu.

  • Basis data tunggal

Basis data tunggal akan membantu kamu mengamankan data karena data hanya terpusat pada satu basis data yang berisi semua informasi perusahaan. Dalam hal ini sistem ERP membantu pelaku bisnis untuk mengelola segala hal dalam satu basis data tunggal.

Dalam satu basis data, berarti juga data hanya perlu dimasukkan sekali dan dapat digunakan oleh berbagai departemen. Pemahaman ini membantu mencegah duplikasi data dan memastikan konsistensi informasi.

  • Interface pengguna yang serupa

Dengan hanya menggunakan tampilan interface pengguna yang serupa di seluruh aplikasi dan modulnya, ERP memudahkan pengguna dalam berpindah antara fungsi-fungsi berbeda tanpa perlu mempelajari interface baru yang berbeda-beda.

Tampilan interface yang serupa juga memudahkan pemilik bisnis dalam mempersingkat waktu pelatihan karyawan.

  • Kepatuhan dan keamanan

Pemilik bisnis perlu memahami bagaimana ERP mengatasi masalah keamanan dan kepatuhan untuk melindungi data perusahaan secara utuh. Dalam hal ini, sistem ERP akan mencakup fitur kepatuhan yang membantu perusahaan dalam mematuhi regulasi dan hukum yang berlaku.

Selain itu, keamanan data dan kekuatan akses yang ketat juga menjadi perhatian utama dalam sistem ERP. Jadi, tunggu apalagi segera aplikasikan sistem ERP untuk menunjang bisnis kamu. 

Memahami karakteristik-karakteristik yang telah disebutkan akan membantu untuk lebih memahami bagaimana ERP dapat membantu mereka mengelola bisnis mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Baca Juga: Apa itu Database as a Service (DBaaS)? 7 Keuntungan Menggunakan Layanan Database 

Manfaat Sistem ERP untuk Kelangsungan Operasional Bisnis

ERP memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah kemampuan untuk menggabungkan berbagai bagian operasional perusahaan, seperti manajemen sumber daya manusia, keuangan, persediaan, dan manufaktur, menjadi satu entitas terpusat yang terkoordinasi.

Manfaat menggunakan sistem ERP untuk perusahaan atau organisasi

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur sumber daya dengan lebih baik, mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses bisnis, dan menghindari duplikat data.

Salah satu keuntungan lainnya dari ERP adalah visibilitas real-time, yang memungkinkan manajemen memantau perkembangan bisnis secara langsung dan membuat keputusan yang lebih tepat waktu. Ini penting dalam dunia bisnis yang berubah cepat, karena akses instan ke data akurat sangat penting untuk mengantisipasi perubahan pasar.

Selain itu, ERP juga membantu dalam pengelolaan rantai pasokan dengan efisiensi, memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya persediaan, meningkatkan pelayanan untuk pelanggan, dan mengoptimalkan proses produksi. Ini sangat penting dalam mempertahankan daya saing dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.

Terakhir, sistem ERP membantu bisnis mematuhi regulasi industri dan hukum yang berlaku. Ini sangat penting untuk menghindari sanksi dan masalah hukum yang dapat mengganggu operasional bisnis.

Secara keseluruhan, sistem ERP bukan hanya alat untuk mengelola bisnis, tetapi juga merupakan dasar yang kuat untuk pengelolaan bisnis dengan modern yang sukses dan berkelanjutan.

Sistem ERP dapat dikelola sendiri oleh perusahaan atau menggunakan layanan dari penyedia layanan. Hal ini tergantung pada berbagai faktor, seperti skala bisnis perusahaan, kebutuhan bisnis, hingga kemampuan sumber daya internal yang tersedia.  

Akan tetapi, jika pemilik perusahaan tidak ingin kerepotan karena harus mengurus sendiri sistem ERP, menggunakan layanan dari penyedia layanan tentu solusinya!

Dengan penyedia layanan yang kompeten dan ahli di bidangnya, pengaturan hingga kendala dalam sistem ERP akan lebih mudah diatasi. Selain itu, pemilik bisnis juga harus memerhatikan celah keamanan yang mungkin terjadi pada bisnis.

Untuk itu, penting bagi pemilik bisnis untuk mempertimbangkan matang-matang penyedia layanan yang aman guna menjaga kelangsungan bisnis yang berkelanjutan.

DCloud sebagai penyedia layanan cloud memiliki sistem ERP

Mengenai layanan dengan manfaat lainnya untuk bisnis, kamu dapat mencari tahu masing-masing kebutuhan melalui website DCloud, atau hubungi tim sales kami melalui kontak yang tersedia.

Jika sudah yakin dengan layanan berdasarkan kebutuhan bisnis kamu, langsung saja menuju ke laman Customer Portal untuk berlangganan lebih lanjut!

About The Author

Write A Comment