Sebagai bentuk komitmen terhadap visi pengembangan teknologi di wilayah Asia Tenggara, DCloud turut berpartisipasi dalam acara Tech in Asia (TIA) Conference 2023 yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, pada tanggal 1819 Oktober 2023.

Acara yang berlangsung tiap tahun ini diinisiasi Tech in Asia dalam rangka mendukung perkembangan teknologi berkelanjutan. Dengan mengangkat tema “Southeast Asia: A Bright Spot in The Tech World”, acara ini diharapkan dapat membahas dan memberikan kesempatan Asia Tenggara untuk meningkatkan sektor teknologi dan peluang bisnisnya.

Acara ini juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk membangun relasi dengan para investor, pengusaha, maupun IT related lainnya dari berbagai startup dan industri teknologi. Hal tersebut juga difasilitasi dengan booth berbagai perusahaan yang bisa dikunjungi sebagai kesempatan brand awareness hingga bermitra dengan para investor.

Selain itu seperti di tahun-tahun sebelumnya, Tech In Asia Conference 2023 juga membuka peluang untuk para mahasiswa agar bisa mendapatkan banyak insight dari acara ini. Pengetahuan-pengetahuan menarik salah satunya didapat dari pembicara-pembicara hebat yang dihadirkan oleh Tech in Asia Conference 2023.

Beberapa pembicara yang menyampaikan gagasannya pada acara ini di antaranya yaitu Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Peter Bithos dari SEEK Asia, Nicholas Nash dari Asia Partners, Shailendra Singh dari Peak XV, Daniela Putz dari Google, Michael Smith Jr dari Microsoft, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: DCloud Mendukung Transformasi Digital di Acara Business Matching P3DN Batch ke-8

Transformasi Digital Berkelanjutan di Asia Tenggara: DCloud di Tech In Asia

Berbagai poin disampaikan pada conference mengenai Asia Tenggara adalah bonus demografi, strata kelas menengah yang terus bertumbuh, serta ekonomi digital yang berkembang pesat. Poin-poin tersebut membuat para pembicara menyoroti dorongan inovasi, strategi kesatuan bisnis dan teknologi, hingga bagaimana cara untuk menciptakan transformasi digital yang ideal dengan pengaplikasian teknologi mutakhir.

Salah satu teknologi mutakhir yang tengah gencar digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan adalah cloud computing. Saat ini teknologi cloud memainkan peran penting untuk efisiensi operasional perusahaan atau instansi pemerintahan. Hal ini juga membantu perusahaan-perusahaan kecil dan menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar.

Di sektor publik, teknologi cloud juga memainkan peran penting dalam memperbaiki layanan pemerintah. Proyek-proyek seperti e-government telah meningkatkan aksesibilitas layanan pemerintah, meminimalkan birokrasi, yang kemudian berdampak juga pada berkurangnya tindakan kecurangan seperti korupsi.

Benny Sumitro memaparkan DCloud di Tech In Asia

Pak Benny Sumitro, selaku Direktur Cloud Services and IT Infrastructure, membagikan pengetahuan mendalam mengenai layanan dari DCloud. DCloud merupakan penyedia layanan cloud dari PT Datacomm Diangraha yang andal, terjangkau, dan lokal.

Pak Benny juga menyampaikan keunggulan layanan DCloud serta panduan implementasi cloud computing untuk menunjang bisnis kepada peserta konferensi. Dapat dikatakan DCloud juga menghadirkan layanan komputasi awan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau start-up dan ekosistemnya yang membutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi. 

Pemaparan tersebut diharapkan dapat memberikan para pemangku kepentingan, termasuk pengusaha, pengembang, dan profesional IT, wawasan berharga yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis dan proyek teknologi mereka.

DCloud juga memanfaatkan kesempatan konferensi ini untuk memperkenalkan layanannya melalui booth pameran dan sesi konsultasi kepada para sales. Peserta konferensi dapat memahami lebih lanjut tentang produk dan layanan terkini dari DCloud, termasuk kemampuan baru, skalabilitas, dan inovasi yang ditawarkan. Ini memberi mereka peluang untuk mengintegrasikan teknologi cloud terdepan ke dalam operasional.

Selama acara berlangsung, banyak pihak yang menunjukkan minat besar terhadap produk-produk dari DCloud, baik dari kalangan umum lokal maupun orang asing. Dengan penjelasan dari para sales yang berpengalaman, ketertarikan peserta terhadap layanan-layanan DCloud semakin besar.

Terlebih, DCloud juga telah memiliki beberapa pusat data lokal pribadi dengan sertifikasi peringkat ke-3 dan didukung oleh tim pengembangan dan operasi independen, yang menjamin kedaulatan data terutama untuk bisnis lokal.

Selain berfokus pada promosi produk dan layanan mereka, DCloud juga memprioritaskan peningkatan kesadaran tentang manfaat teknologi cloud dengan materi edukatif, panduan praktis, serta sesi tanya jawab dengan peserta konferensi, sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi cloud.

TIA Conference 2023 dapat dikatakan sebagai forum penting dalam membangkitkan semangat dunia teknologi terutama dalam penggunaannya pada sektor bisnis di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

DCloud dalam hal ini mendukung kemajuan teknologi sebagai penyedia layanan cloud computing yang andal, lokal, dan terpercaya untuk membantu memenuhi kebutuhan penggunanya.

About The Author

Write A Comment