Telemedicine atau telemedis dapat dikatakan sebagai terobosan baru dalam industri perawatan kesehatan. Revolusi dalam dunia kesehatan ini tidak terlepas dari makin pesatnya teknologi dari waktu ke waktu. Salah satunya dari munculnya cloud computing.

Telemedicine adalah praktik yang memberikan layanan medis dari jarak jauh melalui penggunaan platform digital dengan memanfaatkan kekuatan komputasi awan untuk memperluas jangkauan dan kemampuannya.

Telemedicine berbasis cloud mampu mempermudah pasien dalam mengakses layanan kesehatan. Artinya dalam lingkup besar, teknologi ini juga mampu mendefinisikan ulang standar pemberian layanan medis di suatu negara.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, yuk simak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan telemedicine.

Baca Juga: Jelajahi DCloud Lebih Dalam: Pelajari Produk, Solusi, dan Layanan Komputasi Awan Terkelola

Apa Itu Telemedicine?

Apa yang dimaksud dengan telemedicine?

Telemedicine atau yang biasa disebut juga dengan Telehealth merupakan inovasi medis yang mengubah cara kita mengakses dan menerima manfaat kesehatan. Layanan kesehatan dari jarak jauh menggunakan teknologi digital ini memfasilitasi komunikasi antara pengguna dan penyedia layanan kesehatan.

Telemedis telah memberikan solusi efektif untuk berbagai masalah dalam industri kesehatan, termasuk aksesibilitas, biaya, dan waktu penyelesaian.

Dalam praktiknya, telemedis dapat memfasilitasi konsultasi medis melalui video call, korespondensi tertulis atau email dengan dokter, pemantauan kondisi pasien dengan menggunakan perangkat medis berbasis teknologi.

Selain itu, telemedicine juga mempermudah penyampaian hasil tes laboratorium atau gambar medis yang diambil secara elektronik untuk evaluasi spesialis. Fleksibilitas dalam konsultasi medis ini memungkinkan pasien menghubungi penyedia layanan kesehatan kapan pun mereka membutuhkannya.

Aspek terpenting dari telemedicine adalah kemampuannya untuk meningkatkan akses pasien terhadap layanan. Hal ini bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di kota kecil atau daerah yang belum terlalu berkembang, serta mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Selain itu, telemedis mengurangi biaya dan waktu tunggu terkait kunjungan ke fasilitas medis fisik, yang seringkali menjadi hambatan bagi banyak orang. Artinya, telemedicine telah menjadi fasilitas unggul dalam aksesibilitas masyarakat terhadap sistem layanan kesehatan berkualitas tinggi dan meningkatkan efektivitas penyediaan layanan medis.

Dalam hal ini, cloud computing berperan penting dalam meningkatkan kemampuan dan skalabilitas layanan telemedicine. Misalnya saja dalam hal penyimpanan data jarak jauh.

Telemedis mengandalkan penyimpanan dan akses catatan pasien, gambar medis, dan data perawatan kesehatan lainnya dengan aman dan efisien. Cloud provider dalam hal ini menjadikan platform yang aman dan terpusat bagi penyedia layanan kesehatan untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data pasien dari mana saja dengan koneksi internet.

Maka dari itu, kebutuhan akan server lokal dapat diminimalisir atau dihilangkan dan memungkinkan profesional kesehatan mengakses informasi pasien secara real-time selama konsultasi virtual.

Selain itu, skalabilitas yang tinggi juga menunjang pekerjaan penyedia layanan kesehatan. Layanan telemedis sering kali mengalami fluktuasi permintaan, misalnya dalam hal keadaan darurat kesehatan masyarakat atau musim-musim tertentu di mana penyakit flu dialami banyak orang.

Cloud computing membantu penyedia layanan kesehatan untuk meningkatkan atau menurunkan infrastrukturnya sesuai kebutuhan, memastikan bahwa mereka dapat menangani peningkatan lalu lintas tanpa penundaan atau masalah kinerja yang signifikan.

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut terkait peran telemedicine dan implementasi cloud computing dalam menunjang kerja telemedicine.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Antara IaaS, PaaS, dan SaaS

Peran Telemedicine yang Membantu Kinerja Perawatan Medis

Saat ini banyak kita temukan website atau aplikasi pelayanan kesehatan atau telemedicine yang terkenal di Indonesia. Masyarakat sangat terbantu dengan kita tidak perlu lagi untuk bertemu tatap muka dengan dokter untuk sekadar konsultasi atau membeli obat secara langsung ke apotik.

Terlebih tren ini banyak diadopsi sebagai gaya hidup sejak pandemi Covid-19. Keterbatasan aktivitas fisik yang bisa dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah membuat orang kian bergantung dengan aplikasi telemedicine.

Peran telemedicine yang membantu kerja tim medis

Berikut adalah beberapa peran telemedicine dalam membantu perawatan medis di Indonesia.

1. Aksesibilitas yang lebih mudah

Di tengah kondisi perawatan medis yang belum merata di berbagai daerah di Indonesia, telemedicine jelas sangat membantu. Bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau, akses ke perawatan medis menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara daring.

2. Fleksibilitas waktu

Dengan telemedicine kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pergi ke rumah sakit atau apotik. Pasien tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan atau menghadapi lalu lintas yang padat.

Pasien juga bisa menentukan sendiri kapan mereka memiliki waktu senggang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pasien bisa menjadwalkan konsultasi sesuai dengan jadwal mereka sendiri, bahkan di luar jam kerja kantor dokter.

Hal tersebut sangat membantu bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang padat atau tanggung jawab keluarga yang membatasi waktu mereka.

3. Efektivitas waktu perawatan

Jika terjadi situasi darurat atau kritis, telemedicine akan membantu memberikan pelayanan medis dengan cepat.

Kita bisa dengan cepat menghubungi dokter atau tenaga medis melalui video call atau konsultasi online lainnya secara cepat tanpa harus menunggu lama di unit gawat darurat. Selain itu, telemedicine juga memfasilitasi pemantauan kondisi kronis secara berkala dari jarak jauh.

4. Inovasi konsultasi penyakit mental

Selain konsultasi penyakit fisik, telemedicine juga dikenal mampu menangani permasalahan penyakit mental. Hal ini dinilai sejak pandemi Covid-19 yang memicu stres kebanyakan orang meningkat.

Konseling mental dan dukungan psikologis atau psikiater pada pasien lebih mudah diakses. Terlebih, berbagai variasi konseling bisa pasien pilih misalnya melalui telepon, video call, atau hanya dengan chatting.

5. Rekam Medis Digital

Memudahkan akses pasien dan dokter ke rekam medis digital. Dengan keamanan yang terjaga, telemedicine memberikan perawatan medis dengan data rekam medis yang canggih dan mudah diakses.

Penyakit yang harus dipantau secara berkala seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung dibuktikan dengan data vital yang diberikan dokter secara rutin. Ini memungkinkan dokter untuk manajemen penyakit yang lebih baik dengan perawatan yang lebih tepat waktu.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Menggunakan Cloud Backup Service?  

Implementasi Pemanfaatan Cloud Untuk Telemedicine

Kolaborasi antara DCloud dan Morbis dalam inovasi aplikasi perawatan kesehatan

Pemanfaatan teknologi cloud untuk telemedicine misalnya seperti kerja sama yang dilakukan oleh DCloud dan Morbis. DCloud membantu Morbis yang merupakan pengelolaan produk di bidang medis dan klinis berbasis digital dalam mengembangkan platform perawatan kesehatan.

DCloud memberikan fasilitas infrastruktur TI yang mampu menunjang operasional aplikasi. Dukungan yang diberikan meliputi server, database, jaringan, dan sumber daya komputasi lainnya yang diperlukan untuk menjalankan salah satu aplikasi milik Morbis yang bernama MorClinic.

Salah satu platform yang menyediakan telemedicine

MorClinic sendiri merupakan aplikasi atau sistem yang mengatur pengelolaan klinik utama dan klinik pratama. Tujuannya agar masyarakat awam terbantu sebelum atau saat melakukan perawatan kesehatan di berbagai klinik terdekat.

Dengan menggunakan layanan dari DCloud, Morbis dapat memanfaatkan infrastruktur yang kuat dan skalabel untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data pasien serta sistem informasi medis.

Jelas ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, aksesibilitas, peningkatan pengalaman pasien, pemantauan pasien yang lebih baik, serta penyimpanan data medis yang aman. DCloud juga dapat menjamin keamanan data serta kebijakan-kebijakan yang diperlukan oleh industri perawatan kesehatan.

DCloud sebagai penyedia layanan cloud turut andil dalam telemedicine

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat menggunakan layanan dari DCloud, kamu dapat mengunjungi website DCloud. Yuk, tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu di customer portal DCloud!

About The Author

Write A Comment