Cloud storage merupakan penyimpanan data dan informasi di infrastruktur cloud yang dikelola oleh cloud provider. Cloud storage adalah layanan yang dapat membantu kamu menyimpan, mengakses, serta membagikan data dan file di server yang terhubung ke internet.

Cara kerja cloud storage adalah dengan mengirim file atau data melalui jaringan internet ke komputer yang disebut dengan server. Server ini disimpan dan dikelola di sebuah tempat bernama data center. Tidak hanya disimpan di data center, file dan data juga disimpan ke sejumlah server di beberapa data center di seluruh dunia.

Penyimpanan file dan data di banyak tempat bertujuan sebagai langkah preventif jika nantinya salah satu server atau data center mengalami kerusakan. Cloud provider dalam hal ini juga akan mencadangkan file dan data kamu secara berkala yang membuat ketersediaan data kamu terjamin.

Kamu dapat dengan cepat mengunduh dan membagikan file yang disimpan tersebut kepada orang lain dengan mudah asalkan memiliki akses internet. Entah itu melalui website, aplikasi maupun application programming interface (API)

Intinya, kamu dapat memilih cloud storage dengan segala keunggulannya tanpa perlu khawatir tentang perangkat keras atau penyimpanan fisik.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Menggunakan Cloud Backup Service?  

Jenis Layanan Cloud Storage yang Bisa Kamu Pilih

jenis layanan cloud storage

Cloud storage memiliki model layanan yang berbeda mengikuti kebutuhan pengguna. Dengan meningkatnya kebutuhan dan menyesuaikan fungsinya, cloud storage dibagi menjadi 3 layanan yaitu public cloud, private cloud, dan hybrid cloud.

Baca Juga: Perbedaan Public Cloud vs Private Cloud vs Hybrid Cloud: Mana yang Cocok untuk Kamu?

Berikut adalah perbedaan dari ketiga layanan penyimpanan yang ditawarkan.

1. Public Cloud Storage

Dalam model layanan public cloud, bisnis, kelompok, atau individu dapat menyewa sumber daya komputasi seperti server, penyimpanan data, dan layanan jaringan dari cloud provider.

Hal ini berarti infrastruktur dan sumber daya IT yang diperlukan bisa diakses melalui internet dengan membayar hanya sesuai kebutuhan yang diinginkan. Model layanan ini juga cocok digunakan untuk menyimpan data yang kurang terstruktur.

Dibandingkan dengan model lain, penyimpanan awan model ini biasanya relatif lebih murah. Hal ini karena cloud provider menyediakan data center di beberapa tempat yang mendukung pelanggan menjalankan aplikasi dengan cepat dan efisien di mana pun.

2. Private Cloud Storage

Dalam model layanan ini, private cloud dapat dihosting di data center internal perusahaan atau di infrastruktur yang dikelola oleh cloud provider. Hal ini karena server, penyimpanan data, dan layanan tidak dipublikasi layaknya di layanan public cloud.

Layanan cloud storage model ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin memiliki kontrol penuh atas pengelolaan dan penyimpanan data mereka. Keutamaan tersebut menjadikan private cloud memiliki keamanan tingkat tinggi.

Private cloud storage biasanya dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi yang bergerak di pengembang aplikasi khusus, kebutuhan finance, dan bidang pertahanan.

3. Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage merupakan penyimpanan yang menggabungkan elemen dari public cloud dan private cloud dalam server yang terintegrasi. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data di berbagai lingkungan cloud.

Hybrid cloud juga memiliki kemampuan untuk menghubungkan dan memindahkan data dan beban kerja di antara public cloud dan private cloud sesuai dengan kebutuhan. Fleksibilitas ini dapat membantu kamu mengintegrasikan data sesuai dengan kepentingan.

Misalnya kamu dapat memilah untuk memisahkan data penting mereka ke dalam private cloud, dan data yang tidak terlalu penting ke dalam public cloud.

Baca Juga: Penyimpanan Objek Cloud: Solusi Hadapi Overcapacity

Manfaat Menggunakan Cloud Storage

manfaat cloud storage

Selain fleksibilitas, cloud storage bisa membantu kamu lepas dari ketergantungan pada perangkat fisik. Cloud storage juga memungkinkan penyimpanan data yang aman dan terenkripsi, sehingga meminimalkan risiko kehilangan data.

Kamu juga bisa mengubah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan, tanpa perlu mengganti perangkat keras fisik. Ini memberikan skalabilitas yang luar biasa, baik untuk individu maupun perusahaan.

Menggunakan cloud storage menawarkan sejumlah manfaat utama, termasuk:

  • Akses data dari mana saja

Dengan cloud storage, kamu dapat mengakses data dari mana saja selama kamu terhubung dengan koneksi internet. Hal tersebut memungkinkan mobilitas dan produktivitas yang lebih besar.

  • Skalabilitas mudah

Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan tanpa perlu membeli perangkat keras tambahan atau gangguan pada layanan. 

  • Keamanan data

Penyedia layanan cloud umumnya menawarkan keamanan tingkat tinggi, termasuk enkripsi data dan kontrol akses yang kuat. Selain itu cloud provider juga menawarkan replikasi data yang mumpuni. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir dengan ketersediaan data atau

  • Kerja sama yang mudah

Kamu bisa berbagi file dengan mudah dan aman, baik dengan rekan kerja atau dengan mitra eksternal. Hal ini dapat mendorong kolaborasi antarkaryawan dengan mudah yang membuat kerja lebih efisien.

  • Pemulihan data dan pencadangan otomatis

Banyak penyedia cloud storage menyediakan cadangan otomatis dan pemulihan data. Hal ini penting dilakukan agar virus atau malware dalam bentuk apa pun akan lebih sulit masuk ke dalam sistem.

Pencadangan otomatis dilakukan agar keberlanjutan bisnis dalam situasi gangguan atau kehilangan pada data bisa teratasi.

Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan jika kamu memilih cloud storage dari cloud provider yang tepat!

DShare: Pilihan Cloud Storage Andal yang Bisa Digunakan Dengan Mudah

DShare Cloud StorageDCloud sebagai cloud provider yang tangkas dan dapat diandalkan turut menawarkan layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan untuk membantu kelancaran bisnis. Kamu juga bisa dengan mudah berbagi file dengan keluarga, teman, maupun rekan kerjamu!

Layanan cloud storage dari DCloud adalah DShare. Layanan ini akan membantu kamu menyimpan data dalam lingkungan cloud yang terjamin keamanannya. Dengan data center lokal, kamu tidak perlu khawatir soal jaringan yang lambat dan sebagainya.

DShare juga dilengkapi dengan empat fitur andal yang dapat kamu manfaatkan seperti DShare Files, DShare Talk, DShare Groupware, dan DShare Office. Dengan fitur-fitur tersebut, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  • Keamanan file terjamin

DShare dikembangkan melalui proses yang berfokus pada keamanan untuk memastikan file Anda tetap rahasia dan terlindungi dari akses yang tidak sah.

  • Platform cerdas yang mudah digunakan

Antarmuka intuitif DShare memungkinkan kamu mengategorikan dan mencari file dengan mudah, menyederhanakan alur kerja dan menghemat waktu yang berharga.

  • Kolaborasi real-time

DShare memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain pada dokumen atau proyek yang sama secara real-time. Hal ini mendorong kamu bekerja sama secara lebih efisien dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

  • Akses di mana saja, kapan saja

Kamu dapat mengakses dokumen, foto, dan data dari berbagai perangkat di mana saja dan kapan saja selama terhubung internet. Kamu juga dapat mengakses via aplikasi Android.

Saat ini layanan DShare kompatibel untuk android dan website. Kamu dapat berlangganan DShare dengan mengunjungi Customer Portal DCloud. Setelah berhasil berlangganan, kamu bisa men-download aplikasi DShare di Playstore dan masuk menggunakan akun yang terdaftar.

Kamu dapat memilih berbagai pilihan besaran cloud storage yang tersedia dengan harga yang terjangkau. Selain itu, jika kamu ingin berlangganan dengan kapasitas cloud storage Enterprise atau lebih dari 100 GB, kamu dapat menghubungi sales DCloud.

Baca Juga: Jelajahi DCloud Lebih Dalam: Pelajari Produk, Solusi, dan Layanan Komputasi Awan Terkelola

Layanan DShare juga dikelola oleh tenaga ahli bersertifikasi standar cloud computing internasional, loh.

Yuk, kunjungi landing page DCloud untuk mempelajari lebih lanjut!

DShare, cloud storage DCloud

About The Author

Write A Comment