Teknologi kecerdasan buatan (AI) belakangan ini semakin populer karena diandalkan untuk mendapatkan atau mengolah informasi dengan cepat. Salah satu teknologi AI yang paling banyak diperbincangkan adalah chatbot yang dikeluarkan oleh perusahaan OpenAI, yaitu Chat GPT.

OpenAI telah berhasil membuat sebuah evolusi yang menjanjikan dalam dunia chatbot dengan pemahaman bahasa alami yang menyerupai gaya penulisan manusia. Dengan berbagai perkembangan, Chat GPT telah mencapai versi terbaru yaitu Chat GPT-4.

GPT-4 adalah singkatan dari Generative Pre-trained Transformer 4.0. Chat GPT-4 yang dirilis pada 14 Maret 2023 dianggap membuka pintu pengetahuan tentang inovasi terkini era baru kecerdasan buatan.

Lewat artikel ini, kamu akan mengetahui aspek yang membuat Chat GPT-4 memiliki kemampuan memahami konteks hingga penerapan praktisnya dalam situasi sehari-hari.

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence (AI)? Ini Pengertian dan Contoh Teknologi dengan Kecerdasan Buatan!

Bagaimana Cara Kerja Chat GPT-4?

Artificial intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi dalam lingkungan cloud computing yang kian mendominasi dan masif digunakan oleh masyarakat. Produk Chat GPT merupakan salah satu yang diunggulkan dengan total rata-rata 14,6 kunjungan di tahun 2023.

Dikembangkan oleh OpenAI, Chat GPT-4 dinilai sebagai langkah signifikan chatbot AI yang semakin canggih dan kontekstual. Versi terbaru ini dirancang dengan perbaikan yang lebih besar dalam pemahaman konteks dan kemampuan menjawab pertanyaan.

Versi GPT 4.0 adalah versi terbaru Chat GPT yang hanya bisa didapatkan jika kamu bersedia berlangganan Chat GPT Plus yang dikenakan US$20 per bulan. Versi ini menggunakan pendekatan machine learning dan didesain dengan berbagai parameter yang dilatih menggunakan data besar-besaran.

Maka versi Chat GPT-4 dinilai memiliki kemampuan lebih canggih dalam memahami dan menghasilkan teks dalam berbagai konteks yang lebih berkualitas. Versi ini juga mampu memproses pertanyaan dan permintaan dari pengguna dengan jawaban hingga 25.000 kata, yang sekitar delapan kali lebih banyak dari Chat GPT versi sebelumnya.

Selain dari teks, GPT-4 juga akan merespons dengan baik jika kamu bertanya mengenai suatu gambar. Ini merupakan salah satu inovasi baru yang ditawarkan Chat GPT-4 untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi dari suatu gambar.

Cara kerjanya adalah Chat GPT-4 akan menjawab jika kamu bertanya mengenai bahan-bahan dan langkah-langkah memasak dari makanan dalam foto yang kamu unggah. Model ini melampaui batasan yang terdapat pada Chat GPT-3.5 dan memberikan kesempatan bagi developer dan pengguna untuk mempelajari kemampuan AI yang lebih lanjut.

Selain itu, versi 4.0 ini juga dikembangkan dalam skala terbesar yang berarti terdapat ruang di dalam algoritma yang akan membantu menurunkan biaya komputasi. Pelatihan teknologi dengan umpan balik manusia juga dilakukan dalam 6 bulan masa pengembangan.

Untuk menciptakan keselarasan dengan pemikiran manusia, OpenAI juga bekerja sama dengan lebih dari 50 pakar untuk mendapatkan masukan dalam berbagai bidang.

Dalam hal keamanan, OpenAI mengklaim GPT-4 memiliki kemungkinan 82% lebih kecil untuk merespons permintaan konten yang tidak diizinkan dan 40% lebih cenderung menghasilkan respons faktual dibandingkan versi GPT-3.5.

Kemampuan penalaran dan mengikuti instruksi GPT-4 yang lebih canggih telah mempercepat pekerjaan. OpenAI juga menggunakan GPT-4 untuk membantu membuat data pelatihan untuk penyesuaian model dan melakukan iterasi pada pengklasifikasi di seluruh pelatihan, evaluasi, dan pemantauan.

Kelebihan Chat GPT-4 Dibandingkan Versi TerdahulunyaChat GPT-4 vs Chat GPT-3.5

Selain yang disebutkan dalam tabel, terdapat banyak kelebihan dari Chat GPT-4 dibandingkan dengan versi terdahulunya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kita nikmati dengan berlangganan Chat GPT Plus.

  1. Ukuran dan kompleksitas model

Chat GPT-4 bisa dikatakan berkali-kali lebih kompleks dibanding versi terdahulunya. Versi ini dikembangkan dengan ukuran lebih besar sehingga kompleksitasnya memiliki lebih banyak parameter dan kemampuan untuk mempelajari pola lebih rumit dalam data yang diberikan.

  1. Kapasitas dalam memahami dan menghasilkan teks

Chat GPT 4.0 memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami konteks teks dan menghasilkan respons lebih koheren dan berkualitas. Dengan peningkatan dalam arsitektur dan pemrosesan bahasa alami, Chat GPT 4.0 mampu mengenali hubungan antarkata dan antarkalimat dengan lebih baik, sehingga menghasilkan teks lebih terarah dan informatif.

  1. Kemampuan dalam mengenali konteks

Chat GPT 4.0 memiliki kemampuan lebih baik dalam mengenali konteks karena dapat memahami nuansa, referensi, dan hubungan antara topik yang berbeda dalam teks. Hal ini memungkinkan Chat GPT-4 memberikan respons lebih relevan sesuai konteks.

  1. Penyempurnaan tata bahasa dan kesalahan gramatikal

Chat GPT-4 dipastikan mampu mengenali ataupun melakukan perbaikan dalam hal tata bahasa dan kesalahan gramatikal. Model ini dikembangkan dan diuji coba dengan dataset lebih besar, serta menggunakan teknik-teknik baru untuk meningkatkan akurasi tata bahasa.

  1. Kualitas teks lebih berkualitas dan manusiawi

Chat GPT-4 lebih memahami konteks, memahami nuansa bahasa, dan menghasilkan respons yang lebih alami. Chat GPT 4.0 berisiko lebih rendah menghasilkan teks yang ambigu atau tidak relevan dengan pertanyaan atau permintaan.

Dalam istilah awam, GPT-4 adalah versi lanjutan dari GPT-3.5. Ini adalah pendahulunya yang sempurna, dengan penyempurnaan yang memungkinkan pemahaman lebih baik dan kemampuan membedakan nuansa. Hal ini menghasilkan respons yang lebih akurat dan logis dari platform AI.

  1. Fitur analisis gambar

GPT-4 memiliki fitur baru yang dapat mendeteksi atau menganalisis gambar seperti yang telah dijelaskan pada bagian cara kerja Chat GPT-4. Bisa dipastikan fungsi input gambar masih bersifat pribadi untuk OpenAI, dengan jaminan keamanan bahwa Chat GPT-4 tidak akan teknologi mereka membahayakan data pribadi seseorang.

Salah satu dampak baik dari kemampuannya menganalisis gambar adalah teknologi ini digunakan oleh mitranya yaitu perusahaan Be My Eyes yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup bagi tunanetra atau orang-orang yang menderita gangguan penglihatan.

  1. Fitur rekam gambar untuk analisis citra medis

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa teknologi yang dimiliki Chat GPT-4 memiliki potensi untuk membantu pendidikan kedokteran dan melakukan pengambilan keputusan klinis dengan waktu yang lebih efisien.

Upaya telah dilakukan oleh para peneliti untuk menggabungkan Chat GPT dalam bidang analisis citra medis yang berfokus pada pengembangan teknik dan proses pencitraan bagian dalam tubuh untuk representasi visual, analisis pengambilan keputusan klinis, penelitian, dan intervensi medis.

ChatGPT digunakan dalam segmentasi gambar, registrasi gambar, peningkatan gambar dan sistem diagnosis yang dibantu komputer.

Baca Juga: Apa Itu Machine Learning? 3 Contoh Machine Learning dalam Kehidupan Sehari-hari!

Contoh Penggunaan Chat GPT-4 

Chat GPT-4 jelas akan lebih membantu kamu di keseharian, terutama dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Terlebih jika kamu sedang mendalami atau menguasai suatu bidang.

Dengan kemampuannya untuk memahami dan menghasilkan teks secara kontekstual, Chat GPT mampu memberikan bantuan dalam menyusun dokumen, merespons pertanyaan, memberikan saran, dan bahkan berfungsi sebagai asisten pribadi dalam mengatasi berbagai tantangan sehari-hari.

Berikut adalah contoh beberapa fungsi Chat GPT-4 sebagai hasil dari penggunaan yang tepat sasaran.

Use cases Chat GPT-4

1. Kebutuhan Untuk Konversi Text-to-speech

Teknologi text-to-speech telah mengubah cara kita mengonsumsi atau berinteraksi dengan konten. Chat GPT berhasil mempermudah perubahan teks tertulis menjadi ucapan lisan atau sebaliknya, yang berguna untuk pekerjaan voice over atau berbagai aplikasi yang ramah tunanetra.

Selain itu, Chat GPT-4 juga dapat digunakan untuk membuat konten audio berkualitas tinggi untuk podcast dan buku audio, sehingga lebih mudah menjangkau audiens yang lebih menyukai konten audio dibandingkan teks tertulis.

Konversi text-to-speech juga meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitas konten para konten kreator. Secara keseluruhan, hal ini berpotensi meningkatkan pengalaman pengguna dan melibatkannya dengan cara-cara baru dan inovatif.

2. Membantu Lini Pemasaran dan Bisnis

Pemasaran dan periklanan pasti membutuhkan copywriting yang persuasif dan kampanye iklan yang dirancang dengan baik. Chat GPT-4 bisa membantu kamu meningkatkan copywriting dan mengoptimalkan kampanye iklan.

Dengan menggunakan versi terbaru ini, kamu bisa menghasilkan konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan target audiensnya dan mendorong konversi. Maka dari itu, Chat GPT bisa membantu pemasaran dan periklanan dengan lebih menghemat waktu dan sumber daya.

Dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami, kamu juga bisa menambah wawasan mengenai bisnis misalnya ulasan pelanggan, postingan media sosial, dan artikel berita. Sumber-sumber ini bisa dianalisis untuk memperoleh wawasan dan tren utama yang menghasilkan pengembangan produk, strategi pemasaran, dan upaya layanan.

3. Pembuatan Dokumen

Dokumen merupakan aspek penting dalam banyak bisnis, namun prosesnya seringkali memakan waktu dan sumber daya yang intensif. Chat GPT bisa melakukan otomatisasi pembuatan dokumen dan menyederhanakan operasi mereka.

Dengan memberikan informasi dan parameter spesifik ke dalam GPT-4, dokumen tertulis berkualitas tinggi bisa didapatkan. Hal ini sangat relevan untuk membuat kontrak, faktur, dan jenis dokumen bisnis lainnya, yang mengutamakan akurasi.

4. Keamanan Siber

Saat ini keamanan siber adalah prioritas utama, apalagi jika kamu memiliki bisnis. Dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami, Chat GPT bisa melakukan pelacakan terhadap phishing dan mendeteksi kerentanan atau kemungkinan risiko serangan siber secara otomatis.

Dengan menganalisis email, log keamanan, dan lalu lintas jaringan, GPT-4 dapat memberikan wawasan berharga mengenai potensi insiden keamanan, sehingga memungkinkan bisnis mengambil tindakan proaktif dengan peringatan atau laporan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

5. Pengembangan perangkat lunak

Pengembangan software merupakan proses yang kompleks, memakan waktu, dan membutuhkan perhatian terhadap detail dengan keahlian tingkat tinggi. Dengan GPT-4, kamu bisa menyederhanakan proses ini dan mengurangi waktu serta sumber daya yang diperlukan untuk coding dasar dari awal.

Chat GPT bisa menghasilkan kode dasar berdasarkan parameter tertentu, sehingga menghemat waktu dan memungkinkan developer fokus pada tugas yang lebih kompleks. Selain membuat, Chat GPT-4 juga bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam kode dan memperbaiki bug dalam bahasa pemrograman Python.

6. Manajemen Persediaan dan Logistik

Manajemen persediaan dan logistik yang efisien sangat penting untuk meningkatkan laba dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis.

Chat GPT-4 bisa membantu kamu menyederhanakan manajemen logistik dengan menganalisis pesanan pembelian dan faktur untuk melacak tingkat inventaris, mengidentifikasi potensi kehabisan stok, dan mengoptimalkan siklus pengisian ulang.

Kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tingkat inventaris dan mengoptimalkan manajemen logistik atau persediaan untuk meningkatkan efisiensi.

Selain itu, GPT-4 dapat menghasilkan laporan akurat mengenai ketersediaan barang dan waktu pengiriman, memberikan wawasan yang dibutuhkan bisnis untuk mengoptimalkan proses logistik dan memastikan pengiriman produk tepat waktu.

Baca Juga: Apa Itu LOKI (Linux, OpenStack, Kubernetes Infrastructure) dalam Cloud Computing?

Setelah mengetahui beberapa kegunaan Chat GPT-4, kamu tentu bisa mempertimbangkan apakah dalam keseharian versi terbaru ini kamu butuhkan untuk membantu pekerjaanmu. Jika kamu seorang developer, Chat GPT-4 juga bisa membantu kamu dalam proses pengembangan perangkat lunak atau aplikasi yang sedang berjalan.

Sebagai bagian dari perkembangan AI, perpaduan AI dan cloud computing membuat proses menjalankan tugas lebih strategis. Jika cloud digunakan untuk menjalankan algoritma AI, sumber daya jaringan dapat dioptimalkan untuk mempercepat pengambilan data dan melaksanakan perintah.

Kamu perlu nih provider cloud computing yang lokal dan terpercaya! DCloud adalah solusinya. Dengan DCloud, kamu bisa menyederhanakan tugas-tugas yang memakan waktu seperti melakukan backup, migrasi data, dan lain-lain.

dcloud

Apalagi storage dan ketersediaan data kamu juga bisa aman karena DCloud terdiri dari tim ahli dengan skills tinggi dalam lingkup cloud computing!

About The Author

Write A Comment