Masifnya perkembangan teknologi seperti saat ini, membuat berbagai fitur komputasi lanjutan terus eksis untuk mempermudah kerja manusia. Salah satunya adalah komputasi awan atau cloud computing yang telah menjadi teknologi mendasar dan relevan dalam perkembangan dunia teknologi.

Cloud computing adalah sebuah metode untuk melakukan penyampaian dan penggunaan beragam sumber daya infrastruktur yang tersedia melalui media internet. Sumber daya infrastruktur untuk menjalankan fungsi cloud computing terdiri dari aplikasi, perangkat lunak, server virtual, pengelolaan jaringan, penyimpanan data, dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi cloud computing yaitu sebagai area penyimpanan data. Dibandingkan menyimpan banyak data atau file di dalam harddisk, akan lebih baik dan efisien jika kamu menggunakan fitur penyimpanan cloud yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Cloud computing juga memiliki aksesibilitas yang tak terbatas. Hal ini memungkinkan akses yang mudah dan fleksibel ke aplikasi dan data kapan pun dan dari mana saja asalkan terhubung ke internet. Aksesibilitas yang baik juga memudahkan kinerja antaranggota tim yang bekerja dari lokasi yang berbeda.

Berlimpahnya fungsi cloud computing membuat banyak perusahaan menggunakan fitur komputasi ini untuk menyimpan data berskala besar mereka. Terlebih, perusahaan-perusahaan ini perlu adanya kepastian serta jaminan terhadap ketersediaan data setiap saat.

Sumber daya komputasi serta data yang dimiliki juga terjamin keamanannya, karena cloud computing menggunakan otorisasi akses, firewall, perlindungan DDoS, dan langkah keamanan lainnya yang dibutuhkan untuk melindungi informasi sensitif.

Cloud computing juga lebih aman dari sumber daya dan penyimpanan lokal karena penyedia layanan berbasis cloud pastinya lebih andal dalam mengatasi ancaman melalui sumber daya serta tim ahli yang dimiliki.

Fungsi cloud computing lainnya yaitu transfer data dapat lebih mudah dilakukan dengan kecepatan yang ditingkatkan berkat adanya layanan ini. Penggunaan aplikasi, penyimpanan, dan pertukaran data pada cloud sangatlah mudah, jadi kamu tidak perlu lagi kebingungan ketika baru pertama kali menggunakannya.

Dalam ulasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa fungsi cloud computing. Tentu dengan menggunakan fitur ini, pekerjaan kamu akan dimudahkan dengan mengoptimalkan fungsi cloud computing yang tersedia.

Baca Juga: Memilih Cloud di Indonesia? Ini Sejumlah Hal yang Harus Dipertimbangkan

3 Fungsi Cloud Computing yang Dapat Membantu Pekerjaanmu

Fungsi cloud computing yang akan memudahkan pekerjaan.

Cloud computing menawarkan penyimpanan, aksesbilitas, dan kemudahan akses untuk analisis data menjadi lebih mudah. Berikut adalah tiga fungsi cloud computing yang berguna untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan harianmu.

  1. Melakukan Penyimpanan dengan Mudah dan Cepat

Pastinya fungsi cloud computing yang utama adalah sistem penyimpanannya yang lebih besar dibandingkan penyimpanan lainnya. Oleh karena itu, sistem penyimpanan berbasis cloud ini sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki banyak data untuk disimpan karena kapasitasnya yang besar.

Pilihan kapasitas pada cloud computing juga bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sangat menguntungkan jika kamu perlu untuk mengarsipkan file-file terkait bisnis secara berkala di media penyimpanan berskala besar.

Selain dari penyimpanan, cloud computing juga menjamin performa yang cepat dan responsif, serta kapasitas jaringan yang tinggi. Kamu dapat dengan mudah mengakses penyimpanan atau teknologi canggih dari cloud computing tanpa harus mengelola infrastruktur sendiri.

Selain itu, adanya fitur replikasi berbasis cloud untuk jaminan ketersediaan data membuat kamu lebih menghemat biaya pengeluaran dibandingkan jika kamu menyimpan data di penyimpanan yang terbatas. 

  1. Mampu Diakses Banyak Orang dan Di Mana Pun

Ketika sebuah perusahaan mengharuskan banyak orang untuk mengakses berbagai macam data yang sama maka penyimpanan cloud computing adalah jawaban yang tepat. Hal ini karena tiap pengguna memiliki akses terpisah ke sumber daya yang tersedia, namun tetap berbagi infrastruktur yang sama.

Cloud computing memfasilitasi banyak orang bisa melakukan pengunduhan dan penyimpanan data untuk diolah dan dikelola bersama guna menyelesaikan tugas perusahaan. Dengan kata lain, Cloud computing memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antara pengguna yang berbeda.

Maisng-masing anggota dapat mengedit dokumen secara bersamaan, mengirim pesan dan berkomunikasi secara real time, serta berkolaborasi dalam manajemen proyek secara lebih terorganisir. Pengolahan data bersama ini juga aman dilakukan karena harus sesuai dengan hak akses yang ditentukan oleh administrator atau pemilik data.

Selain itu, cloud computing juga memungkinkan akses dari berbagai lokasi geografis di seluruh dunia. Pengguna hanya perlu terhubung ke internet untuk dapat mengakses layanan ini.

  1. Mampu Membantu Analisis Data

Perlu kamu tahu bahwa ketika kamu ingin melakukan analisis data maka hal yang harus dilakukan ialah menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Cloud computing akan membantu kamu dalam proses analisis data yang lebih mudah dan cepat jika dibanding dengan penyimpanan lainnya yang sempit dan terbatas.

Kapasitas cloud computing juga dapat ditingkatkan ketika kamu perlu mengelola data yang lebih besar untuk menjalankan algoritma yang kompleks. Selain itu, kamu juga bisa mendistribusikan tugas analisis ke beberapa VM dan bekerja bersama untuk mempercepat pemrosesan data.

Dengan kata lain, menggunakan layanan analitik cloud juga membuat kamu mampu mengolah dan menganalisis data secara lebih cepat dan efisien. Selain itu, dapat membuat pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaan yang didukung oleh data.

Berbagai layanan cloud computing juga menawarkan beberapa aplikasi analisis data yang mencakup layanan pemrosesan data streaming, alat visualisasi data, machine learning, dan lain-lain. 

Jika kamu tertarik untuk membuat penyimpanan dengan memanfaatkan cloud computing, kamu dapat berlangganan DCloud yang merupakan provider cloud lokal terpercaya dan ahli di bidangnya.

Kamu bisa memperoleh berbagai jenis penyimpanan cloud sesuai dengan konfigurasi yang kamu butuhkan. Dengan memiliki layanan penyimpanan berbasis cloud computing sendiri, kamu akan dimudahkan dalam berbagai pekerjaan dari mana saja dan kapan saja.

Penasaran? Yuk, langsung konsultasikan masalahmu sekarang di DCloud!

Baca Juga: Apa Itu Kubernetes? Kenali Fitur, Keunggulan, dan Layanan Terkelolanya

About The Author

Write A Comment