Komputasi awan atau dalam bahasa inggris sering disebut dengan Cloud computing ini memang memiliki peranan penting dalam penyampaian suatu hal berbasis data yang seringkali diperlukan oleh perusahaan atau organisasi. Dalam komputasi awan sendiri ada yang namanya LOKI. 

LOKI seringkali terdengar dalam beberapa pembahasan tentang komputasi awan, tetapi apa sih yang dimaksud dengan LOKI dalam komputasi awan?

LOKI atau yang memiliki singkatan dari (Linux Openstack Kubernetes Infrastructure) ini merupakan bagian atau standar dari OpenInfra Foundation Standard yang merupakan infrastructure gabungan dari Linux, Openstack dan Kubernetes yang memberikan kombinasi teknologi yang terbaik untuk kebutuhan komputasi awan anda.

Gabungan dari teknologi ini sendiri dapat menimbulkan beragam manfaat, diantara lain adalah memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi hingga pengembangan yang lebih cepat dengan peforma yang lebih baik.

Openstack Foundation, yang pada tahun 2020 berubah menjadi OpenInfra Foundation ini, merupakan organisasi yang mengatur dan mendorong perkembangan Openstack dan telah memiliki 100.000 anggota di 187 negara. Perusahaan-perusahaan ternama seperti Microsoft, Red Hat, Facebook, dan lainnya menjadi member dan kontributor untuk pengembangan LOKI. 

Jadi tidak perlu diragukan lagi tentang teknologi LOKI yang satu ini !

About The Author