Komputasi awan memang memiliki beragam manfaat dan peran penting dalam suatu penyampaian data sebuah perusahaan ataupun organisasi.

Mulai dari mempercepat adopsi teknologi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, hingga menciptakan inovasi baru bagi starup dan UMKM yang dapat meningkatkan daya saing hingga taraf internasional.

Komputasi awan menjadi teknologi penyampaian melalui internet pada jaman sekarang yang tidak terlepaskan seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Dari mulai sistem bisnis, hingga sistem berbasis data dalam suatu perusahaan maupun industri pun memerlukan teknologi. 

Komputasi awan pun memiliki beragam peran penting dalam industri yaitu:

  1. Mempercepat adopsi teknologi oleh masyarakat umum

Dengan maraknya perkembangan teknologi, masyarakat akan lebih dimudahkan dalam segala urusan. Teknologi Komputasi Awan atau Cloud Computing pun memiliki banyak manfaat untuk digunakan suatu perusahaan atau industri. Secara otomatis, para pekerjapun dapat mempelajari cara penggunaanya untuk mempermudah pekerjaannya di kemudian hari.

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi 

Dengan adanya sistem yang efektif, mudah dan fleksibel dalam Komputasi Awan, tentu hal ini akan berdampak baik bagi peforma suatu perusahaan. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi pun dapat bertumbuh dan meningkat.

  1. Menciptakan inovasi-inovasi baru oleh pengembang pemula (startup) maupun UMKM

Tidak hanya fleksibel, penggunaan Komputasi Awan dapat mempermudah pengguna (client) mengakses datanya dimanapun dan kapanpun selama 24jam. Hal ini membuat para pengembang pemula (Startup) dan pelaku UMKM dapat lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya serta dapat meluangkan lebih banyak waktu dan mengembangkan ide- ide baru untuk penciptakan inovasi baru dimasa depan.

  1. Membantu menyiapkan tenaga ahli yang kompeten di Indonesia dalam menghadapi pasar global.

Dengan teknologi Komputasi awan yang terus berkembang, pengguna pun dapat lebih dipermudah dalam pekerjaanya dan dapat membantu perusahaan menyiapkan tenaga ahli yang lebih kompeten dalam menghadapi persaingan pasar global yang akan datang.

About The Author