Pasti kamu sudah tidak asing dengan jaringan. Jaringan adalah infrastruktur komunikasi yang memungkinkan pengguna dan aplikasi yang dibangun di atas platform komputasi terdistribusi untuk berinteraksi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, jaringan berbasis cloud berdampak besar untuk digitalisasi. Jaringan cloud adalah jaringan yang dapat beroperasi di cloud publik, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya komputasi secara fleksibel dan on-demand dengan mengintegrasikan infrastruktur, aplikasi, dan layanan melalui internet.

Meskipun memiliki keunggulan yang mampu memfasilitasi pemecahan dan penyelesaian masalah jaringan dengan cepat, kebutuhan yang kian kompleks mendorong penyedia layanan cloud seperti DCloud menggunakan jaringan lanjutan cloud untuk mempermudah kinerja komputasi penggunanya.

Apa itu jaringan lanjutan cloud, dan mengapa kini banyak digunakan pengguna cloud? Simak artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Baca Juga: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Memilih Penyedia Layanan Cloud Computing

Apa itu jaringan lanjutan cloud

Apa Itu Jaringan Lanjutan Cloud?

Penting untuk memperhatikan kualitas jaringan kamu karena akan mempengaruhi ketersediaan aplikasi yang kamu miliki.

Berbeda dengan jaringan lainnya, jaringan lanjutan atau yang biasa disebut advanced network adalah suatu konsep dan teknologi yang mengacu pada pengembangan jaringan komputer yang digunakan dalam infrastruktur cloud computing modern yang lebih kompleks.

Jaringan ini juga memiliki kemampuan untuk mengangkut data dalam jumlah besar dengan cepat. Dalam infrastruktur cloud yang padat dan sibuk, jaringan harus mampu menghadapi lonjakan lalu lintas data dan permintaan pengguna secara efisien.

Dengan menggunakan jaringan lanjutan, beberapa virtual server kamu yang tersimpan di berbagai data center dapat saling berkomunikasi untuk menjalankan aplikasi atau layanan, sehingga penggunaannya lebih praktis. Hal ini juga didukung dengan adanya fitur jaringan privat virtual (VPN) yang merupakan fitur umum dalam jaringan lanjutan cloud.

Fitur ini memungkinkan akses yang aman dan terenkripsi ke sumber daya cloud melalui jalur jaringan terpisah. Hasilnya, sumber daya komputasi akan lebih terintegrasi dan efisien.

Kemampuan jaringan lanjutan cloud untuk menghubungkan dan menyatukan sumber daya komputasi dan data dari berbagai lokasi geografis sangat mendukung teknologi masa depan seperti Internet of Things (IoT), komputasi tepi (edge computing), dan analisis data besar (big data analytics).

Terakhir, dengan fitur yang fleksibel tersebut, jaringan lanjutan juga memiliki kemampuan untuk melakukan alokasi sumber daya secara dinamis melalui teknologi canggih seperti Software-Defined Networking (SDN) dan Network Function Virtualization (NFV).

Selain itu, di tengah meningkatnya ancaman keamanan di dunia digital, jaringan lanjutan cloud telah menerapkan teknologi enkripsi yang kuat, firewall pintar, dan sistem deteksi intrusi untuk melindungi data sensitif dan infrastruktur dari serangan siber.

Beberapa Keunggulan Jaringan Lanjutan Cloud

Jaringan lanjutan cloud memiliki sejumlah keunggulan dalam memudahkan kinerja komputasi kamu, jika kamu memiliki penyimpanan atau volume cloud.

Keunggulan jaringan lanjutan cloud

1. Infrastruktur Virtual yang Mudah

Jaringan biasa menggunakan perangkat keras fisik seperti router, switch, dan server yang terletak di lokasi fisik, seperti di kantor atau pusat data. Sedangkan, jaringan lanjutan berbasis cloud menggunakan infrastruktur virtual yang terpusat dan di-host di cloud provider. Semua perangkat dan sumber daya jaringan dapat diakses melalui internet.

2. Atur Sumber Daya Sesuai Kebutuhan

Jaringan lanjutan cloud memungkinkan untuk mengatur sumber daya secara dinamis sesuai dengan kebutuhan. Artinya, dengan skalabilitas yang tinggi, kamu bisa dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas sesuai pertumbuhan atau penurunan kebutuhan jaringan. Hal ini membuat kamu lebih hemat biaya pengelolaan infrastruktur dan meningkatkan efisiensi.

3. Akses Kapan Pun dan Di Mana Pun

Kamu dapat mengakses jaringan cloud dan aplikasi dari perangkat apa pun, termasuk komputer, laptop, ponsel pintar, atau tablet, selama terhubung ke internet. Ini memungkinkan mobilitas tinggi dan fleksibilitas dalam bekerja, berkolaborasi, atau mengakses data dan aplikasi penting.

4. Keamanan Data yang Terjamin

Penyedia jaringan lanjutan cloud pasti memiliki standar keamanan yang sangat ketat. Jaringan lanjutan berbasis cloud dengan sistem keamanan yang canggih biasanya dikelola dengan teknologi canggih seperti enkripsi data, firewall, dan mekanisme keamanan lainnya untuk melindungi data dan aplikasi dari ancaman keamanan.

5. Pemulihan Data dari Gangguan Bencana dengan Mudah

Jaringan lanjutan cloud memiliki fitur pemulihan bencana karena data dan aplikasi disimpan di beberapa lokasi penyimpanan berbeda. Hal ini dilakukan dengan replikasi yang lebih cepat dan aman. Jadi, jika terjadi kegagalan sistem atau bencana, data kamu tetap aman dan dapat dipulihkan dengan mudah.

Jaringan lanjutan berbasis cloud menawarkan fleksibilitas, efisiensi, dan kemudahan akses yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan biasa. Namun, keputusan untuk menggunakan jenis jaringan mana yang sesuai tergantung pada kebutuhan, skala, dan anggaran perusahaan atau organisasi.

Dengan menggunakan jaringan lanjutan cloud, kamu dapat mengoptimalkan operasional bisnis, meningkatkan kinerja, dan memanfaatkan teknologi terbaru dengan lebih mudah.

Jaringan lanjutan cloud

Jaringan Lanjutan DNet dari DCloud 

DNet sebagai layanan Jaringan Lanjutan dari DCloud, hadir untuk memberikan pelayanan atas kebutuhan jaringan lanjutan untuk memudahkan jalannya bisnis dan kinerja komputasi kamu.

DNet, jaringan lanjutan cloud dari DCloud

Jaringan lanjutan DNet tidak sama seperti jaringan internet biasa dengan interface yang langsung terhubung ke internet publik. Dnet memiliki perlindungan khusus yang membantu mengamankan data kamu di DCloud. Dengan menggunakan DNet, mesin virtual kamu bisa saling terhubung secara lebih aman melalui alamat IP privat.

Dengan kata lain, DNet menambahkan lapisan perlindungan tambahan yang memungkinkan akses ke penyimpanan cloud dengan lebih terjamin dan lebih aman. DNet juga memiliki benefit yang akan sangat membantu terutama untuk kamu yang memiliki penyimpanan data di DCloud.

Berikut adalah beberapa manfaat lain menggunakan layanan Jaringan Lanjutan dalam DCloud.

  • Bisa terhubung ke semua pusat data

Jaringan lanjutan DNet yang tersedia dalam DCloud dapat menghubungkan semua instance kamu di semua pusat data DCloud dengan mudah. Seluruh data yang terkoneksi akan membuat aktivitas komputasi kamu lebih mudah dilakukan.

  • Konfigurasikan jaringan lanjutan sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu

Buat konfigurasi jaringan lanjutan kamu sendiri di DCloud dengan tetap terhubung ke internet. Gunakan pengaturan pengalamatan sesuai dengan kebutuhan penggunaan komputasi kamu.

Dari pengaturan alamat IP publik, IP privat, atau menggunakan floating IP (IP publik yang dapat dipasangkan ke instance yang berbeda). Terapkan semua konfigurasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat mengunjungi website DCloud dengan tampilan berikut.

Jaringan lanjutan DNet menarik, bukan? Yuk, tunggu apalagi segera berlangganan DCloud dan dapatkan benefit dari DNet dengan konfigurasikan jaringan lanjutan kamu sendiri. Pastikan bisnis dan kerja komputasi kamu bisa dikelola dengan mudah dan praktis.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Menggunakan Cloud Backup Service?  

About The Author

Write A Comment