Mengenal Apa Itu Cloud Server, Kelebihan & Cara Kerja

Apakah Itu Cloud Server?

Ketika laptop tertinggal di rumah, sementara Anda ada agenda meeting dan presentasi dalam waktu dekat, kini Anda tidak perlu panik dan repot buru-buru kembali ke rumah. Cukup dengan meminjam laptop teman Anda, sambungkan ke internet, dan masuk ke akun platform cloud yang Anda gunakan. Setelah itu, materi presentasi yang telah disimpan di cloud server sudah bisa Anda akses langsung dengan mudah. Proses di atas mendeskripsikan cara kerja praktis dari cloud server.

Cloud server sendiri adalah server virtual yang berjalan di lingkungan komputasi awan atau cloud computing. Cloud computing merupakan teknologi yang memadukan pengolahan, penyimpanan serta jaringan data dengan memanfaatkan sumber daya internet. Pengguna hanya tinggal menyewa infrastruktur handal, lengkap dan canggih yang telah disediakan.

Jika dianalogikan, sistem komputasi awan ini ibarat sebagai sebuah awan (cloud) yang digunakan sebagai gudang penyimpan data. Awan ini nantinya akan menjaga data Anda secara aman. Anda juga bisa mengakses awan ini kapan pun, dimana pun, melalui beragam perangkat (desktop, mobile, tablet, dll) selama memiliki akses internet. Penggunaannya pun lebih sederhana, praktis, dan efektif.

Dengan komputasi awan, penyimpanan data tidak lagi memerlukan alat penyimpanan fisik seperti flashdisk, harddisk, memori komputer, ataupun DVD yang akses dan kapasitasnya terbatas. Belum lagi pengadaannya yang membutuhkan biaya investasi yang besar di awal. Dengan menggunakan cloud server, Anda akan mendapat kelebihan terkait pemrosesan, penyimpanan, dan jaringan data.

 

Kelebihan Cloud Server

  1. Akses Mudah

Dengan menggunakan cloud server, akses aplikasi dan website tentunya akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menggunakan komputer yang sama untuk mengakses aplikasi atau data yang dibutuhkan. Data yang sebelumnya Anda simpan dalam platform cloud akan selalu tersedia di dalam server, meski diakses menggunakan komputer lain.

  1. Fleksibilitas

Anda tidak perlu lagi melakukan pengadaan sumber daya TI secara pribadi atau menyediakan ruang khusus untuk server internal. Dengan menggunakan cloud server, sumber daya TI dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan Anda.

  1. Hemat Biaya

Jika menggunakan cloud server, Anda bisa lebih hemat karena anggaran hanya dialokasikan untuk biaya layanan cloud server dan pemeliharaan rutin. Dengan begitu, anda tidak memerlukan biaya untuk pengadaan dan pemeliharaan perangkat keras, penyediaan ruangan khusus, sistem keamanan akses, dan pengadaan alat tambahan. Belum lagi biaya tim pengelola server yang mesti mengawasi selama 24 jam secara penuh. Seperti yang kita tahu, biaya pengeluaran untuk kebutuhan-kebutuhan di atas tidaklah kecil.

  1. Memudahkan Manajemen Server

Layanan cloud membuat pola sistem manajemen server akan menjadi lebih mudah dilakukan. Server yang terhubung dengan jaringan internet dapat dimonitor langsung dari cloud. Jika Anda ingin mengetahui status server Anda di cloud, maka tinggal melakukan pengecekan melalui dashboard yang disediakan pada cloud portal. Layanan cloud server juga menyediakan banyak tools yang berguna untuk membantu peningkatan, pengelolaan, dan juga pengadaan kebutuhan tambahan lainnya.

  1. Terjamin Handal

Sistem cloud server didesain khusus dengan konsep high availability. Kondisi server bisa direplikasi ke beberapa data center yang berbeda lokasi dengan lingkungan listrik terjamin, pendingin ruangan, dan standar keamanan dengan kinerja maksimal selama 24 jam. Semua pengaturan ini akan membuat operasional TI pada cloud menjadi jauh lebih handal dibandingkan hanya mengandalkan satu lokasi on-premise saja.

 

Cara Kerja Cloud Server

Cara kerja dari cloud server sebenarnya sangat sederhana karena hanya memanfaatkan jaringan internet untuk berkomunikasi antara satu server dengan server lainnya yang berada pada lingkungan cloud.

Dikarenakan semua cloud server sudah terhubung dengan internet, maka pengguna yang memiliki hak atau ijin dapat dengan mudah langsung mengkasesnya.  Misalnya, untuk menyimpan data, Anda tidak memerlukan media fisik seperti flashdisk atau harddisk external. Anda cukup menunggah data ke dalam server cloud dengan menggunakan jaringan internet yang ada.

 

Siapa saja yang cocok menggunakan Cloud Server?

Setelah dijelaskan pengertian soal cloud server, sebenarnya siapa saja yang membutuhkan teknologi ini? Apakah teknologi ini cocok digunakan untuk umum?

Berikut beberapa unit kerja yang cocok untuk memanfaatkan teknologi cloud ini:

  1. Toko Online

Jika Anda memiliki toko online dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk memakai layanan cloud server ini. Selain berguna untuk menyimpan data katalog produk dan data pelanggan beserta transaksinya, cloud server memungkinkan Anda untuk memiliki website dengan kecepatan yang lebih stabil dan uptime yang lebih terjamin.

Dengan dukungan sumber daya TI cloud yang handal dan mudah ditingkatkan, website Anda akan lebih  tangguh dan siap saat menerima lonjakan pengunjung, misalnya, ketika toko Anda menyelenggarakan program khusus, seperti, promosi, diskon, sayembara berhadiah, dan lainnya.

  1. Layanan Edukasi/Sekolah 

Sejak pandemi COVID-19 merebak di dunia, metode pembelajaran secara daring mulai banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan. Begitu pun dengan kegiatan ujian, banyak sekolah yang telah mengadopsi model Computer Based Test (CBT). Layanan berbasis edukasi online seperti e-learning membutuhkan server yang memiliki jaringan internet agar dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan cloud server, kebutuhan metode belajar daring ini akan lebih mudah diterapkan. Materi belajar, daftar hadir, data siswa, kebutuhan lainnya, dapat dengan aman disimpan dan diakses dalam cloud server.

  1. Manufaktur

Apakah industri yang bergerak pada bidang manufaktur yang memproduksi motor, logam, plastik dan sebagainya perlu menggunakan cloud server? Jawabannya, tentu saja perlu.

Industri manufaktur yang profesional pastinya membutuhkan sistem untuk pengelolaan database yang modern dan aman, misalnya, berupa Software Enterprise Resource Planning (ERP). Software ERP yang diatur untuk berjalan di atas cloud akan mudah diakses kapan dan dimana pun. Dengan begitu, seluruh pengelolaan bisnis akan terintegrasi secara aman dan efisien. Kegiatan utama seperti pemantauan persediaan bahan baku, mengelola vendor, mendistribusikan produk, dan sebagainya, bisa dilakukan secara lebih aman, teratur, dan efisien.

  1. Bisnis Lainnya yang Sedang Berkembang

Cloud server yang handal dalam pemrosesan dan penyimpanan data cocok digunakan untuk bisnis lainnya yang kini sedang ataupun sudah berkembang, seperti, sektor perumahan, legal, keuangan, dan lain-lain.

Cloud server akan membantu Anda dari mulai berkolaborasi dengan tim hingga berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat. Kapasitas pada cloud server bisa terus ditambah dengan menyesuaikan perkembangan kebutuhan di perusahaan Anda. Jika diperlukan, pengurangan kapasitas server juga bisa dilakukan.

  1. Pemakaian Pribadi

Tidak melulu soal perusahaan, cloud server bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Jika Anda ingin memiliki ruang penyimpanan dan pemrosesan secara virtual yang luas, aman, dan memiliki fleksibilitas akses, maka cloud server bisa menjadi solusi yang cocok bagi Anda.