Openstack memiliki kaitan yang erat dengan komputasi awan, tak jarang anda akan mendengar kata Openstack ini saat tengah berbicara tentang komputasi awan. Hal itu membuat anda harus mengetahui lebih banyak tentang Openstack beserta tingkat kepopulerannya.

Openstack merupakan manajemen komputasi awan yang digunakan untuk mengatur semua perangkat virtual pengguna yang ada dari server, storage hingga jaringan di sebuah data center. Openstack sendiri dikenal sejak tahun 2010.

Lalu, bagaimanakah popularitas Openstack dimata dunia?

Openstack telah ada sejak bertahun tahun yang lalu, hal ini membuat Openstack telah berkembang lebih baik dari tahun ketahunnya. Karena itu, kemampuan hingga popularitas Openstack di mata dunia sudah tidak dapat diragukan lagi.

Perusahaan-perusahaan raksasa mulai dari, China Mobile, Line, Wallmart hingga Yahoo telah menggunakan Openstack untuk pengelolaan data dan manajemen komputasi awan mereka.

Akibat kepopuleran dari Openstack yang menyebar dan telah banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia, maka Openstack menjadi sistem yang wajib untuk dihadirkan pada zaman sekarang, terutama pada sistem komputasi awan. Karena hal ini dapat menunjang serta dapat lebih memudahkan operasional data center yang anda gunakan.

Openstack sendiri telah digunakan di lebih dari 25 juta CPU cores yang telah menggunakan Openstack di server produksi, dan lebih dari 175 pusat data penyediaan layanan Cloud telah menggunakan Openstack.

Pertumbuhan penggunaan Openstack dari tahun ke tahun pun meningkat hingga mencapai 66%. Tidak hanya itu, perusahaan- perusahaan besar seperti China Mobile, Line, Wallmart hingga Yahoo pun turut ikut dalam menggunakan Openstack.

Dari penjelasan diatas, hal ini membuktikan bahwa Openstack memang memiliki tingkat kepopuleran di mata dunia yang tidak dapat dipungkiri lagi ya.

About The Author