Sebelum kenalan dengan Kubernates si Open Source Container Orchestation, pastikan anda sudah membaca tentang apa itu Kontainer dan keunggulannya ya.  

Setelah mengetahui kontainer itu apa dan keunggulannya, tentunya anda menginginkan sebuah sistem yang dapat memantau dan mengelola kontainer yang telah kita buat agar aplikasi kita selalu tersedia dan tidak terganggu oleh hal hal yang tidak diinginkan.

Tetapi bagaimana apabila semua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara otomatis? Tanpa repot- repot, tentunya sangat menarik dan pastinya lebih memudahkan bukan?

Kubernetes ini merupakan solusi yang tepat dalam situasi ini, karena Kubernetes adalah sebuah kerangka orkestrasi kontainer yang dapat melakukan semua hal tersebut mulai dari penerapan, proteksi dari kegagalan (failover), hingga distribusi beban dan masih banyak lagi. 

Dengan Kubernetes ini, anda akan mendapatkan beragam manfaat seperti:

1. Penemuan layanan dan penyeimbang beban.

Tidak main- main, Kubernetes mampu menyediakan layanan menggunakan DNS maupun IP address masing-masing node dan melakukan penyeimbangan beban, sehingga lalu lintas data dapat seimbang ke semua node yang ada.

2. Orkestrasi penyimpanan data. 

Dengan adanya Kubernetes, penyimpanan data ke lokal, awan publik atau lainnya dapat dilakukan secara otomatis. 

3. Penerapan (rollouts) dan pengembalian (rollback) otomatis.

Dengan ini kita dapat menentukan status penerapan kontainer yang kita inginkan ke Kubernetes, lalu Kubernetes akan melakukan pengaturan otomatis untuk mencapai ke status penerapan yang telah ditentukan. 

4. Pengelompokan otomatis.

Anda dapat menentukan seberapa besar sumber daya (CPU dan RAM) yang diinginkan untuk sebuah kontainer, dan Kubernetes akan menyediakan kebutuhan tersebut sesuai dengan kondisi sumber daya yang tersedia. 

5. Penyembuhan otomatis (self-healing).

Dengan penyembuhan otomatisnya, Kubernetes ini dapat memantau dan melakukan penerapan ulang ketika ada kontainer yang tidak responsif loh. Sehingga aplikasi anda akan dapat terus berjalan.

6. Manajemen kata kunci dan konfigurasi. 

Kubernetes sendiri memungkinkan anda untuk menyimpan informasi sensitif seperti kata kunci, kunci OAuth maupun kunci SSH. Sehingga informasi sensitif tersebut tidak perlu diketahui di dalam pembuatan kontainer maupun aplikasi anda. 

Dengan berbagai manfaat ini, tentunya dapat lebih memperingan pekerjaan operasional bisnis anda.