Sekarang ini, cloud di Indonesia menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh perusahaan. Tentu saja, memilih penyedia layanan cloud lokal ini bukan sebuah hal mudah. Nantinya, kita akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan yang jumlah dan ragam nya terus bertambah.

Layanan cloud lokal tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri, sehingga sebagai calon pengguna, Anda harus jeli dalam memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ada berbagai standar yang bisa dijadikan sebagai indikator ketika memulai seleksi.

Cara Mudah Memilih Cloud terbaik di Indonesia

Agar tidak bingung lagi ketika melakukan pemilihan layanan cloud lokal, berikut sejumlah tips yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Keamanan Data

Hal utama yang harus diperhatikan adalah masalah keamanan data. Apakah nantinya data yang Anda miliki aman di tangan mereka. Pastikan cloud mempunyai mekanisme untuk mengamankan informasi baik secara fisik, virtual hingga SDM yang mengoperasikannya.

2. Performa Layanan yang Dimiliki

 

Ketika memilih cloud di Indonesia, performa pelayanan menjadi hal penting yang juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda tidak dapat menggunakan layanan cloud di saat genting karena memiliki performa yang rendah. Carilah layanan cloud yang siap memberikan SLA sampai 99.9% uptime untuk jaminan performa layanan.

Umumnya, layanan cloud akan memberikan masa trial bagi perusahaan lain untuk mencoba layanan mereka. Anda bisa melihat, apakah layanan tersebut memiliki performa atau kemampuan yang baik.

3. Biaya dan Pembayaran

Sebagai pengguna jasa, biaya layanan tentu menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Sebenarnya, ketika membandingkan antara satu layanan cloud dengan layanan lainnya, kita bukan hanya mencari biaya yang murah.

Namun, masalah biaya ini lebih ditekankan pada, biaya yang mereka berikan apakah telah sebanding dengan layanan yang ditawarkan. Contohnya: Untuk layanan cloud computing dengan vCPU, memory dan storage kapasitas yang sama, tentu biaya layanan nya dilihat juga dengan kondisi apakah cloud lokal tersebut hanya memiliki 1 data center atau bisa menerapkan layanan di beberapa data center lokal berbeda dengan konsep load-balancing sehingga membantu kelancaran operasional IT? Perbedaan biaya juga perlu disikapi dari sudut pertimbangan skalabilitas layanan serta tingkat ketersediaan layanan.

Sistem pembayaran yang fleksibel secara pre-paid maupun post-paid melalui beragam cara juga patut dijadikan pertimbangan. Nilai tambah lain adalah tersedianya metode pembayaran dengan nilai tetap secara rutin dalam mata uang lokal agar terhindar dari fluktuasi nilai mata uang.

4. Dukungan Layanan

Layanan yang nantinya Anda gunakan tentu saja harus memiliki dukungan yang baik dalam pengoperasian. Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah seperti apa mekanisme yang mereka miliki ketika terjadi sebuah insiden, dan secepat apa mereka meresponsnya. Tentunya sebagai konsumen lokal maka Anda berhak mendapatkan dukungan dari tim lokal yang berkesesuaian dengan waktu operasional bisnis lokal Anda.

5. Jenis Layanan

Jenis layanan bebasis cloud apa saja yang tersedia bagi Anda? Apakah layanan keamanan dasar seperti proteksi DDoS, pemakaian bandwidth cloud disediakan secara gratis atau layanan seperti ini pun sudah dihitung dan harus berbayar pula? Menjadi pertimbangan yang bijak untuk memilih cloud lokal yang memang menyediakan layanan dasar secara gratis serta  memiliki pilihan layanan yang cukup lengkap.  Cloud lokal yang baik memiliki komitmen untuk berinovasi dalam mengeluarkan layanan baru secara periodik sesuai perkembangan teknologi dan demi menjawab beragam tantangan bisnis yang Anda hadapi di masa depan.

6. Kehandalan dan Keterbukaan Layanan

Cloud lokal yang memiliki lebih dari 1 lokasi data center fisik akan memberikan tingkat ketersediaan layanan dan toleransi kesalahan yang lebih handal. Patut dipertimbangkan untuk Cloud lokal dengan penerapan platform berbasis terbuka mengacu pada LOKI (Linux Openstack Kubernetes Infrastructure) sehingga layanannya tidaklah terikat kepada suatu vendor tertentu saja.

Ketika melihat harga cloud di Indonesia yang dibanderol dengan harga murah, sebisa mungkin jangan langsung tergoda. Ada sejumlah indikator yang harus selalu Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan diantaranya seperti disebutkan di atas.  Pilihlah cloud lokal yang mampu memberikan dukungan operasional berbasis IT secara efisien dan efektif untuk membantu Anda menang dalam era kompetisi bisnis yang semakin ketat.