Saat berhubungan dengan Komputasi Awan, rasanya telah erat kaitannya dengan LOKI ini. LOKI merupakan bagian atau standar dari OpenInfra Foundation Standard yang merupakan infrastructure gabungan dari Linux, Openstack dan Kubernetes yang memberikan kombinasi teknologi yang terbaik untuk kebutuhan komputasi awan.

Anda dapat lebih memahaminya kembali tentang LOKI di pembahasan sebelumnya. Tapi, apasih kepanjangan dari LOKI ini?

Bagi anda yang belum memahaminya L-O-K-I berasal dari singkatan Linux Openstack Kubernetes Infrastructure, lalu apa saja kah itu semua? Berikut ini telah dirangkum beberapa pengertian dari berbagai kepanjangan dari LOKI:

L -Linux

Linux sendiri merupakan Open Source Operating System Standard dengan sistem operasi terbuka yang sudah dikenalkan lebih dari 30 Tahun lamanya. Karena itu, Linux menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan diserver daripada Windows.

O -Openstack

Openstack adalah Open Source Cloud Standard yang bertugas sebagai manajemen komputasi awan yang digunakan untuk mengatur semua perangkat virtual pengguna yang ada dari server, storage hingga jaringan di sebuah data center.

K -Kubernetes

Merupakan Open Source Container Orchestration Standard yang berperan sebagai manajemen orkestrasi dari kontainer.

Dan yang terakhir adalah

I -Infrastructure

Infrastructure yang dimaksud kan dalam pembahasan kali ini adalah sebuah kerangka kerja yang mendukung suatu sistem atau organisasi. Pada sebuah komputasi, infrastruktur dapat terdiri dari sumber daya fisik dan virtual yang senantiasa mendukung arus, penyimpanan, pengolahan dan analisis suatu data.

Demikianlah kepanjangan dari LOKI beserta penjelasannya. Dari penjelasan diatas, tentunya peran LOKI dalam komputasi awan memang tidak terpisahkan ya.

About The Author